Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Pelaksanaan Sistem Manajemen Keselamatan Kerja (SMK3) di Pabrik gula (Studi Kasus : Pabrik Gula Ngadirejo PTPN X)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Pelaksanaan Sistem Manajemen Keselamatan Kerja (SMK3) di Pabrik gula (Studi Kasus : Pabrik Gula Ngadirejo PTPN X)
Edition
Call Number 2013/I/43
ISBN/ISSN
Author(s) Prihandini, Septian Fika
Subject(s) Occupation Health and Safety
Health Safety and Environment System
Classification 658.202 Pri a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2013
Publishing Place Surabaya
Collation 25 cm
Abstract/Notes Kata Kunci: Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), Kecelakaan kerja, Sakit Akibat Kerja, Biaya Tidak Langsung, Process Mapping, Accident Cost, NBM, QEC, RCA
Specific Detail Info PG Ngadirejo adalah anak perusahaan milik PTPN X. Saat ini PG Ngadirejo sudah menerapkan SMK3 namun dalam penerapannya masih tidak maksimal dan belum memenuhi tujuan SMK3. Pada penelitian ini dilakukan perhitungan biaya tidak langsung ketika terjadi kecelakaan kerja menggunakan process mapping. Untuk mengetahui bagaimana kondisi postur tubuh ketika bekerja serta keluhan sakit yang dirasakan pekerja digunakan quick exposure checklist dan nordic body map. Setelah itu dilakukan root cause analysis untuk mengetahui penyebab dari terjadinya kecelakaan secara keseluruhan. Berdasarkan dari perhitungan process mapping didapatkan bahwa perusahaan sedikitnya akan kehilangan Rp 83.400,- ketika terjadi kecelakaan. Sedangkan kondisi pekerja dari segi postur kerja perlu dilakukan perbaikan segera untuk pekerja angkut sedangkan untuk operator masih dalam batas bisa diterima. Untuk keluhan sakit yang dirasakan pekerja didapatkan bahwa keluhan yang dirasakan pekerja dikatakan agak sakit. Hasil rekomendasi yang diberikan yaitu dengan mengembangkan SMK3 yaitu dengan merubah struktur kepengurusan P2K3 eksisting, melakukan pengendalian risiko yang berkaitan dengan alat pelindung diri, memasang rambu-rambu K3, penanggulangan kondisi darurat, dan kelengkapan alat pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K).
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Sritomo Wignjosoebroto, MSc; Effi Latiffianti, ST,MSc.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous