Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Value Chain untuk Peningkatan Nilai Tambah Industri Pengolahan pada Komoditas Periklanan di Tarakan dengan Pendekatan AHP dan HOQ
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Value Chain untuk Peningkatan Nilai Tambah Industri Pengolahan pada Komoditas Periklanan di Tarakan dengan Pendekatan AHP dan HOQ
Edition
Call Number 2013/II/07
ISBN/ISSN
Author(s) Judi, Adinda Moizara
Subject(s) AHP
Value Chain
SME
Classification 658.403 Jud a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI- ITS
Publishing Year 2013
Publishing Place Surabaya
Collation 25 cm
Abstract/Notes Kata kunci : AHP, Value chain, UKM, HOQ
Specific Detail Info Indonesia memiliki potensi yang besar dalam bidang perikanan karena wilayah perairan yang sangat luas. Salah satu wilayah memiliki potensi besar dalam bidang perikanan berada di Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Kota Tarakan memiliki potensi besar untuk menghasilkan produk bernilai tambah yang berasal dari komoditas perikanan. Potensi ini dapat diidentifikasi dengan pendekatan value chain. Untuk mengetahui komoditas perikanan yang menjadi komoditas unggulan digunakan pemilihan terhadap alternatif komoditas unggulan di Kota Tarakan dengan menggunakan AHP. Dari hasil AHP didapatkan udang sebagai komoditas unggulan dengan bobot sebesar 0.251. Setelah diketahui komoditas unggulan yang terpilih maka dilakukan pemetaan terhadap value chain produk dan stakeholder. Kemudian dilakukan identifikasi masalah pada setiap elemen value chain serta peluang perbaikan yang mungkin untuk dilakukan. Elemen value chain pada komoditas udang terdiri dari supplier, nelayan atau petambak, pengepul, UKM dan cold storage, pasar ekspor, grosir, pengecer, supermarket, dan konsumen akhir. Dalam peningkatan nilai tambah udang, elemen value chain yaitu industri pengolahan produk berupa UKM merupakan elemen yang memiliki peran terbesar untuk memberikan nilai tambah dengan melakukan pengolahan pada udang menjadi produk turunan. Identifikasi masalah yang ada pada UKM diperlukan untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan dan hal yang menjadi kendala UKM untuk mengembangkan usahanya. Melalui modifikasi metode House of Quality (HOQ) didapatkan tiga potensi perbaikan pada UKM yaitu akses informasi, proses pengolahan produk dan packaging. Kata kunci : AHP, Value chain, UKM, HOQ
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Imam Baihaqi,ST,MSc.Ph.D; Yudha Prasetyawan,ST,M.Eng
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous