Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penjadwalan Dispatching Truck dari Packer di Pabrik Semen Indonesia Tuban
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penjadwalan Dispatching Truck dari Packer di Pabrik Semen Indonesia Tuban
Edition
Call Number 2013/II/15
ISBN/ISSN
Author(s) Respandy, Rama Panji
Subject(s) DECISION SUPPORT SYSTEM
Truck Sheduling
Delivery Strategy
Classification 658.403 2 Res p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI- ITS
Publishing Year 2013
Publishing Place Surabaya
Collation 25 cm
Abstract/Notes Abstrak: Decision Support System; Penjadwalan Truk; Delivery Strategy
Specific Detail Info PT. Semen Indonesia merupakan salah satu pabrik semen terbesar di Indonesia, tetapi biaya ongkos angkut dan bongkar muat masih menjadi komponen terbesar dari beban usaha yaitu sebesar Rp 923 Miliar atau 39,8% dari total beban. Salah satu cara meningkatkan produktivitas aktivitas logistik di perusahaan adalah dengan optimasi pengiriman semen zak yang menjadi fokus 80% distribusi di pasar pulau Jawa dan Bali. Metode penjadwalan pengiriman truk saat ini memiliki banyak konstrain, seperti variasi waktu proses, waktu kirim, time windows, dan target realisasi pengiriman yang harus dipenuhi setiap harinya. Oleh karena itu, pada penelitian ini dirancang sebuah model penjadwalan dengan mempertimbangkan konstrain tersebut guna meningkatkan ritase dan realisasi pengiriman. Model penjadwalan dibuat dalam bentuk aplikasi decision support system (DSS) sederhana menggunakan Microsoft Excel Visual Basic Application (VBA). Output program berupa jadwal pengiriman tiap jam selama satu bulan. Dua skenario kebijakan diuji untuk melihat perubahan performa nilai ritase dan realisasi pengirirman. Hasil yang didapat, model penjadwalan memberikan peningkatan nilai ritase 2 kali lipat dan peningkatan realisasi sebesar 0,4%. Kebijakan jam pengiriman memberi dampak yang signifikan terhadap peningkatan nilai rata-rata ritase truk dan efisiensi penggunaan truk 50% lebih sedikit. Sementara kebijakan dedicated packer mampu menurunkan waktu delay dan waktu queue secara keseluruhan. Abstrak: Decision Support System; Penjadwalan Truk; Delivery Strategy
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. I. Nyoman Pujawan, M.Eng
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous