Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Koalisi Ritel dalam Dual-Channel Supply Chain
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Koalisi Ritel dalam Dual-Channel Supply Chain
Edition
Call Number 2013/II/38
ISBN/ISSN
Author(s) Nurmaram, Putri Nida
Subject(s) GAME THEORY
Dual-channel Supply Chain
Coalition
Classification 658.7 Nur k
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2013
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata kunci: dual-channel supply-chain, game theory, koalisi, pricing, retailer
Specific Detail Info Era globalisasi mendorong berkembangnya sistem dual-channel supply-chain (DCSC). Sistem ini memungkinkan manufaktur untuk mendistribusikan produk melalui retailer maupun fasilitas online secara simultan. Sistem DCSC memberikan manfaat kepada entitas didalamnya. Namun, disisi lain sistem ini juga menimbulkan konflik antar entitas, yaitu antara online dan retailer channel maupun antar sesama retailer . Agar dapat bertahan dalam kondisi yang kompetitif, tiap retailer perlu menetapkan strategi yang tepat. Jika dilihat dari sudut pandang retailer, tiap retailer memiliki satu kepentingan yang sama yaitu menghadapi persaingan dengan online channel. Karena adanya kesamaan tujuan ini, memungkinkan untuk adanya suatu mekanisme koordinasi antar retailer dalam menghadapi persaingan. Dimana, aktivitas koordinasi mendorong retailer untuk bekerja sama pada saat- saat tertentu, misalnya saat menentukan harga jual produk (pricing). Untuk dapat memberikan solusi pada kondisi persaingan yang terjadi dalam DCSC, salah satu pendekatan yang dapat dilakukan adalah game theory. Perkembangan dari game theory ini pun sudah mengakomodasinya adanya kesamaan kepentingan melalui pembentukan koalisi. Aplikasi game theory dalam konflik yang dihadapi, dapat membantu dalam pembentukan model koalisi retailer DCSC. Model tersebut dapat digunakan untuk menghasilkan suatu titik keseimbangan dari strategi pricing yang dimiliki oleh tiap entitas dalam DCSC, sehingga dapat menghasilkan solusi optimum yang dapat memaksimalkan profit dari tiap entitas maupun secara sistem. Jika dibandingkan dengan sistem DCSC tanpa koalisi, pada saat- saat tertentu model DCSC dengan koalisi retailer dapat menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Eng.Erwin Widodo,ST.M.Eng
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous