RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Peningkatan Kualitas Layanan SMP Negeri 29 Surabaya dengan Integrasi Metode Service Quality (Servqual), Kano Model dan House of quality (HOQ) |
Edition | |
Call Number | 2013/II/44 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Indraswari, Pramesti Sri |
Subject(s) | Inclusive School Disabilities Children Service Quality(Servqual) |
Classification | 658.566 Ind p |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Jurusan Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2013 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | 24 cm |
Abstract/Notes | Kata kunci: sekolah inklusi, anak berkebutuhan khusus (ABK), Service Quality (Servqual), Kano Model, House of Quality (HOQ) |
Specific Detail Info | Dewasa ini pendidikan telah menjadi aspek penting bagi tumbuh kembang anak, tidak terkecuali bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Pemerintah melalui Permendiknas No. 70 Tahun 2009 telah menyatakan untuk menjamin pendidikan ABK yang setara dengan anak reguler lainnya melalui pembentukan Sekolah Inklusi. Namun tidak sedikit sekolah inklusi yang belum siap untuk menjadi sekolah inklusi yang mampu mengakomodasi kebutuhan sarana prasarana belajar siswa reguler dan siswa ABK secara bersama-sama dalam satu kelas sehingga peningkatan kualitas pada layanan sekolah ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan sekolah inklusi dalam mengakomodasi kebutuhan mereka. Pada SMP Negeri 29 Surabaya khususnya yang menjadi role model untuk SMPN Inklusi pertama di wilayah Surabaya, penelitian diawali dengan meneliti aspek-aspek dari dimensi kualitas jasa yang memiliki performansi terendah berdasarkan nilai Gap kuesioner. Kemudian dilanjutkan dengan plot Kano Model untuk mengetahui atribut yang berada di dalam kategori must-be (basic needs), serta berdasarkan atribut kategori tersebut dibentuk Rumah Kualitas (HOQ) guna mengetahui respon teknis primer yang diperlukan sekolah dalam meningkatkan kualitas layanannya. Hasil akhir yang diberikan berupa buku saku yang memberikan rekomendasi perbaikan terhadap atribut sarana prasarana yang kritis, seperti sarana ruang perpustakaan, ruang lab IPA, ruang terapi ABK, dll. Kata kunci: sekolah inklusi, anak berkebutuhan khusus (ABK), Service Quality (Servqual), Kano Model, House of Quality (HOQ) |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Ir. Hari Supriyanto,MSIE |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |