Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penentuan Alokasi Jumlah Pekerja Melalui Studi Kerja dan Simulasi pada Proses Cannery (studi kasus: PT. Great Giant Pineapple Lampung)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penentuan Alokasi Jumlah Pekerja Melalui Studi Kerja dan Simulasi pada Proses Cannery (studi kasus: PT. Great Giant Pineapple Lampung)
Edition
Call Number 2013/II/47
ISBN/ISSN
Author(s) Pratama, Hanif Galih
Subject(s) Arena Simulation
Work Study
Classification 658.542 Pra p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Lingkungan FTSP - ITS
Publishing Year 2013
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata Kunci : Studi Kerja, Simulasi Arena, Stopwatch Time Study, Produktivitas, Jumlah Pekerja
Specific Detail Info Indonesia merupakan salah satu negara tropis terbesar di dunia, dengan beragam hasil bumi yang melimpah, salah satunya adalah komoditi nanas. Permintaan nanas di pasar dunia menempati peringkat 3 dunia untuk buah tropis, sekitar 5 juta ton per tahun nya. Melihat potensi nanas yang dimiliki Indonesia, maka sangat dimungkinkan produksi nanas di Indonesia dapat lebih berkembang lagi, seperti halnya PT. Great Giant Pineapple merupakan perusahaan pengalengan nanas terbesar di Indonesia. Itu pekerja menjadi faktor penting yang harus ditingkatkan, mengingat sistem produksi nanas membutuhkan tenaga kerja langsung yang cukup besar dalam produksinya. PT. Great Giant Pineapple memiliki ribuan pekerja dalam sistem produksinya. Dengan besarnya jumlah pekerja tersebut, pihak perusahaan merasa kurangnya efisiensi pekerja dalam lintasan produksi. Hal ini ditambah dengan meningkatnya demand nanas yang ada, sehingga dibutuhkan penelitian mengenai alokasi jumlah pegawai yang optimal pada PT. Great Giant Pineapple. Output dari penelitian ini adalah rekomendasi perbaikan sistem kerja untuk peningkatan produktivitas, serta jumlah alokasi jumlah pekerja yang tepat pada setiap lini produksi dengan pendekatan studi kerja dan simulasi. Hasil dari penelitian ini adalah jumlah pekerja eksisting yang terdapat pada pabrik dapat dikurangi sebesar 26 pekerja untuk kapasitas 5 line produksi berdasarkan skenario 1, dan dapat dikurangi sebanyak 2 pekerja untuk kapasitas 6 line produksi. Peningkatan produktivitas pekerja dapat ditingkatkan menjadi 164,3 kaleng/pekerja untuk skenario 1 dan 205,72 kaleng/pekerja untuk skenario 2 dalam kurun waktu 5 jam produksi. Kata Kunci : Studi Kerja, Simulasi Arena, Stopwatch Time Study, Produktivitas, Jumlah Pekerja
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Sri Gunani Partiwi, MT; Dody Hartanto,ST,MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous