RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Perancangan Game Android "Ecological Foot Fun" dalam Upaya Peningkatan Pengetahuan Remaja Terhadap Lingkungan Mengacu pada Ecological Footprint dan Metode Life Cycle Assessment (LCA) |
Edition | |
Call Number | 2013/II/49 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Sari, Okky Nindar |
Subject(s) | Life Cycle Assessment Ecological Footprint |
Classification | 363.705 Sar p |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Jurusan Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2013 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | 24 cm |
Abstract/Notes | Kata Kunci : Ecological footprint, Life Cycle Assessment, Environment, Game, Design of Experiment, House of Quality. |
Specific Detail Info | Bencana alam yang terjadi di Indonesia sedikit banyak dipengaruhi oleh perbuatan manusia. Hal ini membuat pengetahuan dan kesadaran akan bahaya yang mengancam lingkungan semakin penting. Upaya kepedulian lingkungan dapat juga dilakukan dengan sesuatu yang menyenagkan dan menarik yang dapat diterima oleh masyarakat luas, terutama kaum remaja. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah dengan memainkan game. Untuk itu, penulis akan merancang game berbasis android yang ditujukan untuk pelajar dengan rentan umur 13-18 tahun sebagai alat yang dibuat untuk dapat meningkatkan pengetahuan remaha, sehingga nantinya para remaja lebih peduli dan aware terhadap lingkungan sekitar. Game yang dirancang tersebut diberi nama game Ecological foot fun, yang berarti game perhitungan dampak konsumsi seseorang (ecological footprint ) dengan cara yang lebih menyenangkan. Konsep game yang akan dibuat adalah game yang mengacu pada konsep ecological footprint, dimana acuan skor yang digunakan adalah perhitungan Life Cycle Assessment (LCA) dari hasil jawaban kegiatan keseharian remaja. Pada penelitian ini penulis tidak membuat game, melainkan meyusun konsep dari penjaringan suara konsumen menggunakan metode House of Quality, penyusunan logika scoring menggunakan metode Life Cycle Assessment (LCA) dengan bantuan software simapro 7.1, juga melakukan perhitungan Desain of Experiment berkaitan dengan analisa faktor yang mempengaruhi peningkatan pengetahuan remaja setelah memainkan game Ecological foot fun. Kelebihan dari aplikasi Android yang lainnya adalah terhubung dengan seluruh jaringan google, open source, mudah digunakan, dan memiliki harga yang terjangkau . Dengan adanya game berbasis Android yang lebih aplikatif dan menarik, diharapkan dapat memenuhi tujuan dari dibuatnya game tersebut yaitu meningkatkan pengetahuan remaja terhadap lingkungan. Untuk mendapatkan game ini, tersedia pada applicarion store pada menu android dan untuk mendapatkan game ini, tidak membutuhkan biaya mengunduh. Sehingga, siapapun dapat memainkan game ecological foot fun. Kata Kunci : Ecological footprint, Life Cycle Assessment, Environment, Game, Design of Experiment, House of Quality. |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Dr.Maria Anityasari, ST,ME |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |