Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penjadwalan Preventive Maintenance Berdasarkan Perspektif Service Center dan Customer (studi kasus : Toyota Avanza)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penjadwalan Preventive Maintenance Berdasarkan Perspektif Service Center dan Customer (studi kasus : Toyota Avanza)
Edition
Call Number 2013/II/56
ISBN/ISSN
Author(s) Asti, Mita Musoffa
Subject(s) Preventive Maintenance
Algorithm for Component's Replacement
Classification 658.151 Ast p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2013
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata kunci : Preventive Maintenance, Algoritma Penggantian Komponen, Analisis Sensitivitas
Specific Detail Info Penjadwalan maintenance berkaitan erat dengan biaya service. Terdapat perbedaan antara perspektif service center dan customer terkait biaya service ini. Berdasarkan perspektif service center, sangatlah penting adanya efektivitas biaya dari kegiatan service berkala. Oleh karena itu kegiatan penggantian diikutsertakan, meskipun sebenarnya komponen tersebut masih reliabel untuk digunakan. Sedangkan dari perspektif customer, menginginkan agar biaya maintenance dapat diminimalkan (cost efficient) dengan mengurangi jumlah penggantian komponen. Penelitian ini bertujuan untuk membuat jadwal preventive maintenance, menghitung total biaya service berdasarkan perspektif service center dan customer hingga periode 100.000 km, serta melakukan analisis sensitivitas antara reliability dengan total biaya service. Penyusunan jadwal maintenance dimulai dengan penentuan shape dan scale parameter komponen, menghitung reliability komponen dan membuat algoritma penggantian komponen. Berdasarkan jadwal maintenance yang telah dibuat dari perspektif service center dan customer, terdapat perbedaan periode penggantian untuk beberapa komponen yaitu minyak rem, minyak kopling, oli transmisi, minyak power steering, oli gardan, saringan AC, kanvas rem dan ban. Hasil perhitungan total biaya service hingga periode 100.000 km, diketahui bahwa dari perspektif customer lebih mahal sebesar Rp 472.430,- dibandingkan estimasi total biaya dari service center. Hal ini dikarenakan pada perspektif customer, terdapat penggantian komponen yang dilakukan diluar periode service berkala. Untuk menemukan total biaya service yang minimal, maka dibuatlah skenario penggantian yaitu dengan memajukan dan menunda periode penggantian komponen. Berdasarkan analisis sensitivitas antara reliability dan total biaya service, diketahui bahwa reliability komponen berbanding lurus dengan biaya service. Apabila nilai reliability komponen dikehendaki tinggi yang dilakukan dengan memajukan periode penggantian komponen, maka biaya yang dikeluarkan juga akan semakin besar, begitupun sebaliknya. Kata kunci : Preventive Maintenance, Algoritma Penggantian Komponen, Analisis Sensitivitas
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Yudha Prasetyawan, ST,M.Eng
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous