Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Substitusi Produk pada Dual-Channel Supply Chain dengan Pertimbangan Sales Return (Case Study: Rira Clothing)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Substitusi Produk pada Dual-Channel Supply Chain dengan Pertimbangan Sales Return (Case Study: Rira Clothing)
Edition
Call Number 2013/II/59
ISBN/ISSN
Author(s) Putri, Mei Nindya
Subject(s) Dual-channel Supply Chain
Sales Return
Classification 658.7 Put a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2013
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata kunci: Dual-Channel Supply-Chain, Sales Return, Game Theory
Specific Detail Info Dual-Channel Supply-Chain merupakan cara penjualan produk melalui online channel dan offline channel (toko konvensional) secara bersamaan. Sistem ini memungkinkan terjadinya kompetisi antar masing-masing channel untuk memaksimalkan profit individu masing-masing. Online channel sendiri memiliki masalah yang cukup serius dalam menangani produk yang dikembalikan konsumen akibat ketidaknyamanan konsumen terhadap produk yang mereka terima. Pada industri fashion, kasus ketidakpuasan pelanggan terhadap produk online sendiri cukup tinggi. Ada anggapan yang menyatakan bahwa sales return dapat mengurangi profit yang didapatkan. Padahal dengan startegi yang tepat, penanganan sales return justru akan meningkatkan profit. Untuk menjawab tantangan ini, pada penelitian ini akan dilakukan penentuan strategi yang tepat pada kasus sales return di dual-channel supply-chain dengan fashion sebagai studi kasus. Disusun dua skenario yang berbeda yaitu dengan menganggap produk yang dikembalikan sebagai lost sale dan strategi substitusi produk yaitu dengan mengganti produk yang dikembalikan dengan produk yang sama yang telah melalui proses rework. Selain dua skenario tersebut, juga akan dilakukan dua skema penentuan harga dengan prinsip game theory yang berbeda. Skema Bertrand adalah proses penentuan harga wholesale, online dan offline secara bersamaan, sedangkan skema Stackelberg adalah proses penentuan harga secara bertahap yang didahului dengan penentuan harga pihak follower, yaitu offline channel, kemudian dilanjutkan pihak leader yaitu online channel dan wholesale. Berdasarkan data yang didapatkan pada objek amatan, selanjutnya proses optimasi untuk mendapatkan kombinasi harga wholesale, online, dan offline yang optimum sehingga dapat memaksimalkan profit, baik pada wholechannel maupun masing-masing channel dilakukan. Dengan dua skenario dan dua skema penentuan harga yang berbeda, perbandingan output yang menghasilkan profit yang paling maksimal dilaksanakan. Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, terlihat bahwa penerapan sales return dengan penerapan strategi substitusi produk mampu menghasilkan solusi optimum dengan profit yang maksimal. Kata kunci: Dual-Channel Supply-Chain, Sales Return, Game Theory
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Eng.Erwin Widodo,ST.M.Eng
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous