Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengambilan Keputusan Strategi Knowledge Management untuk Merencanakan Knowledge Management Initiative dengan Metode Dematel dan ANP di Divisi Niaga PT. PAL Indonesia (PERSERO)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengambilan Keputusan Strategi Knowledge Management untuk Merencanakan Knowledge Management Initiative dengan Metode Dematel dan ANP di Divisi Niaga PT. PAL Indonesia (PERSERO)
Edition
Call Number 2013/II/61
ISBN/ISSN
Author(s) Amalia, Rahmi
Subject(s) KNOWLEDGE MANAGEMENT
DEMANTEL
Classification 658.403 Ama p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2013
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata kunci : ANP, DEMATEL, Knowledge Management.
Specific Detail Info Divisi Kapal Niaga PT PAL Indonesia (Persero) membutuhkan knowledge management yang dapat mengelola aset pengetahuan perusahaan. Salah satu tujuan dari knowledge management adalah untuk mengurangi tingkat resiko dan pengulangan kesalahan yang dilakukan oleh karyawan. Divisi Kapal Niaga PT PAL Indonesia (Persero) menyadari bahwa pengelolaan terhadap pengetahuan perusahaan sangat penting untuk meningkatkan kekuatan internal perusahaan. Namun, saat ini PT PAL Indonesia (Persero) belum memiliki lembaga yang khusus menangani pengelolaan pengetahuan di perusahaan. Sehingga, kegiatan yang dilakukan untuk mengelola pengetahuan perusahaan belum berjalan secara efektif. Pada penelitian ini, dilakukan pengambilan keputusan strategi knowledge management yang paling tepat untuk enam departemen di Divisi Kapal Niaga PT PAL Indonesia (Persero). Pemilihan strategi ini dilakukan dengan menggunakan metode DEMATEL dan Analytic Network Process (ANP). Metode DEMATEL digunakan untuk mengetahui hubungan keterkaitan antar sub kriteria. Hasil dari metode DEMATEL menjadi input untuk membangun model ANP. Selanjutnya dilakukan pembobotan terhadap kriteria dan strategi berdasarkan model ANP dengan bantuan software superdecision. Hasil metode ANP menunjukkan bahwa strategi yang memiliki bobot tertinggi pada masing – masing departemen yaitu strategi exploitation pada departemen Perencanaan dan Pengendalian Produksi, strategi personalization pada Departemen Konstruksi Lambung, strategi codification pada Departemen Erection, strategi exploration pada Departemen MO & EO, strategi personalization pada departemen HO & AO, serta strategi codification pada Departemen Dukungan Produksi. Sub kriteria yang memiliki bobot tertinggi pada semua departemen adalah sub kriteria lesson learned. Sub kriteria dan strategi yang memiliki bobot tertinggi akan dijadikan acuan untuk merekomendasikan knowledge management initiative di Divisi Kapal Niaga PT PAL Indonesia (Persero). Kata kunci : ANP, DEMATEL, Knowledge Management.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Bambang Syairudin, MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous