Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Aplikasi Text Mining pada trouble Ticket System Menggunakan Metode Klastering (Studi kasus : PT.Telekomunikasi Indonesia Divisi Consumer Service Timur Unit Pelanggan Konsumer)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Aplikasi Text Mining pada trouble Ticket System Menggunakan Metode Klastering (Studi kasus : PT.Telekomunikasi Indonesia Divisi Consumer Service Timur Unit Pelanggan Konsumer)
Edition
Call Number 2013/II/67
ISBN/ISSN
Author(s) Apriyanto, Dedi
Subject(s) Service Quality
Customer Care Center
Classification 658.562 Apr a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2013
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata kunci: service quality, Customer Care Center, Trouble Ticket System, Text Mining, Clustering
Specific Detail Info Di dalam dunia industri saat ini, service penting dalam hubungan antara produsen dan customer, baik itu pada industri manufaktur dan terlebih pada industri jasa. “Speedy” sebagai salah satu penyedia produk layanan internet (produk setengah barang dan setengah jasa), harus memiliki service quality yang bagus untuk menjaga dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan kondisi dimana persaingan antar penyedia jasa layanan internet yang sangat ketat, proses pelayanan harus diatur dengan baik untuk meminimalkan keluhan pelanggan. Pada kenyataannya terdapat banyak variabel yang dapat memicu munculnya keluhan pelanggan seperti variasi produk, variasi fitur, luasnya coverage, kompleksitas konfigurasi, variasi media akses dan terminal, serta customer knowledge, sehingga kemampuan untuk menciptakan sebuah service system yang dapat memberikan feedback, dan penanganan terhadap keluhan customer akan sangat mempengaruhi loyalitas customer terhadap sebuah produk layanan internet yang ditawarkan. PT. Telekomunikasi Indonesia merespon kondisi ini dengan menyediakan suatu layanan Customer Care Center untuk mengantisipasi adanya customer churning dan menjaga customer satisfaction level dengan menyediakan sistem dimana pelanggan dapat dengan bebas menyampaikan keluhannya. Data keluhan dan gangguan tersebut akan disimpan dalam sebuah database yang memanfaatkan Trouble Ticket System. Saat ini pemanfaatan data pada database Trouble Ticket System menjadi kurang maksimal karena tidak semua data diproses untuk dijadikan sebuah informasi dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini akan mengolah data tidak terstruktur (free text) yang tidak bisa diproses secara langsung menggunakan statistik deskriptif dengan menggunakan pendekatan Data Mining khususnya Text Mining dengan metode Clustering. Dengan Text Mining ini diharapkan seluruh informasi yang terdapat dalam database Trouble Ticket System pada Telkom dapat digali untuk kemudian bisa dijadikan dasar pengambilan keputusan dalam menetapkan kebijakan pelayanan terhadapat pelanggan terutama untuk menanganan keluhan dan gangguan secara efektif dan efisien. Kata kunci: service quality, Customer Care Center, Trouble Ticket System, Text Mining, Clustering.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof.Ir. Budi Santosa,MS,Ph.D
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous