Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penerapan Metode Hedging untuk Penentuan Harga Batubara Paling Optimal (Studi kasus : PT. Pembangkit Jawa-Bali Kantor Pusat Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penerapan Metode Hedging untuk Penentuan Harga Batubara Paling Optimal (Studi kasus : PT. Pembangkit Jawa-Bali Kantor Pusat Surabaya)
Edition
Call Number 2013/II/68
ISBN/ISSN
Author(s) Zherniansyah, Ryan
Subject(s) Hedging
Return On Assets(ROA)
Classification 658.56 Zhe p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2013
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata Kunci : Hedging, Return On assets (ROA), Return On Equity (ROE)
Specific Detail Info Batubara merupakan salah satu komoditi yang harganya selalu bergerak secara fluktuatif. Fluktuatifnya harga batubara mempengaruhi kinerja finansial suatu perusahaan yang memanfaatkan batubara dalam proses bisnisnya. Indikator kinerja fiinansial perusahaan diukur dari rasio profitabilitas perusahaan, yakni Return On assets (ROA) dan Return On Equity (ROE). Perusahaan yang memanfaatkan batubara dalam proses bisnisnya tentu ingin mengelola risiko harga batubara yang bergerak secara fluktuatif. Sebagai upaya mengelola risiko perlu dilakukan suatu kontrak hedging baik itu jangka panjang maupun jangka pendek. Pada penelitian terdahulu, penerapan metode hedging dilakukan pada pergerakan fluktuatif nilai tukar mata uang rupiah. Metode tersebut dapat pula diterapkan pada pergerakan fluktuatif harga batubara. Tujuan dilakukan kontrak hedging adalah untuk penentuan nilai optimal harga batubara antara perusahaan konsumen batubara dan perusahaan supplier batubara. Kesepakatan kontrak Hedging yang dilakukan tentu harus memperhatikan rasio profitabilitas perusahaan konsumen batubara dan perusahaan supplier batubara. Rasio profitabilitas juga dapat menjadi rumusan penentuan nilai optimal harga batubara antara kedua belah pihak perusahaan. Pada penelitian kali ini, dengan memperhatikan rasio profitabilitas masing-masing perusahaan didapatkan nilai optimal harga batubara untuk jangka waktu lima tahun yang akan datang. PT PJB terhadap PT Bukit Asam pada tahun 2013 sebesar Rp 645.000, pada tahun 2014 sebesar Rp 645.000, pada tahun 2015 sebesar Rp 547.500, pada tahun 2016 sebesar Rp 642.500, pada tahun 2017 sebesar Rp645.000. PT PJB terhadap PT Adaro Indonesia pada tahun 2013 sebesar Rp 662.500, pada tahun 2014 Rp 651.000, pada tahun 2015 Rp 653.500, pada tahun Rp 663.500, pada tahun 2017 Rp 660.500. Kata Kunci : Hedging, Return On assets (ROA), Return On Equity (ROE)
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Naning Aranti Wessiani, ST,MM; Dr. Ir. I.Ketut Gunarta,MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous