Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Risiko Pengaruh Cuaca Terhadap Kinerja Finansial Perusahaan Angkutan Laut Batubara dengan Simulasi Monte Carlo (studi kasus : PT.X)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Risiko Pengaruh Cuaca Terhadap Kinerja Finansial Perusahaan Angkutan Laut Batubara dengan Simulasi Monte Carlo (studi kasus : PT.X)
Edition
Call Number 2013/II/78
ISBN/ISSN
Author(s) Indriawan, Ade
Subject(s) Monte Carlo Simulation
Coal Sea Transport
Classification 658.155 Ind a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2013
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata kunci: Risiko Cuaca, Simulasi Monte Carlo, Model Finansial, Corporate Value
Specific Detail Info Sebagai salah satu negara kepulauan, Indonesia sangat bergantung kepada transportasi laut dalam mendukung kegiatan perdagangan domestik dan internasional. Karena biayanya yang murah dan mampu menjangkau hingga rute-rute yang jauh. Namun, salah satu kelemahan dari moda transportasi ini adalah kinerja operasionalnya rentan terpapar oleh faktor risiko cuaca secara signifikan yang pada akhirnya mempengaruhi kinerja finansial bisnis angkutan laut. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis pengaruh fluktuasi faktor cuaca terhadap kinerja finansial perusahaan angkutan laut batubara dengan menggunakan simulasi Monte Carlo. Faktor cuaca akan berimbas pada penambahan jarak yang pada akhirnya akan meningkatkan biaya bahan bakar. Analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa gross margin yang didapatkan dari model finansial determisitik mempunyai rata-rata sebesar 35,13% dengan standar deviasi sebesar 5,64%. Sedangkan gross margin untuk model finansial dari hasil simulasi mempunyai rata-rata yang lebih rendah, yaitu sebesar 34,21% dengan standar deviasi sebesar 8,36%. Sementara NPV yang dihasilkan dari model finansial deterministik sebesar Rp 494.520.508.000 dan nilai NPV maksimum yang dihasilkan dengan mempertimbangkan risiko faktor cuaca sebesar Rp 367.883.954.480, atau 25,6% lebih rendah dari nilai pada model finansial determisitik. Kata kunci: Risiko Cuaca, Simulasi Monte Carlo, Model Finansial, Corporate Value.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Naning Aranti Wessiano,ST,MM'; Dr.Ir. I. Ketut Gunarta, MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous