Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Risiko Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada Sistem Kompleks Sosio-Teknikal dengan Pendekatan Sistem Dinamik (studi kasus: PT.Dok dan Perkapalan Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Risiko Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada Sistem Kompleks Sosio-Teknikal dengan Pendekatan Sistem Dinamik (studi kasus: PT.Dok dan Perkapalan Surabaya)
Edition
Call Number 2013/II/93
ISBN/ISSN
Author(s) Setiawan, Danang
Subject(s) Dynamic System
Safety Risk
Classification 658.202 Set a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2013
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata kunci: risiko K3, sosio-teknikal, sistem dinamik, industri galangan kapal
Specific Detail Info Risiko kecelakaan kerja dalam sistem kompleks sosio-teknikal dimungkinkan berkembang secara bertahap berdasarkan fungsi waktu melalui gabungan dari kesalahan-kesalahan kecil pada faktor sosial (manusia-manusia), teknis (manusia-mesin) dan organisasi. Industri galangan kapal merupakan salah satu industri unggulan di Indonesia yang memiliki aktivitas kerja berat dan berisiko tinggi terhadap kecelakaan kerja. Penelitian evaluasi risiko dan kinerja K3 di industri galangan kapal selama ini masih berorientasi dalam evaluasi kondisi periode sekarang. Dalam penelitian ini, evaluasi risiko dan kinerja K3 dilakukan dengan menggunakan pendekatan sistem dinamik yang memiliki keunggulan dalam mengevaluasi non-lieritas dan dinamisasi sistem. Penggunaan sistem dinamik ditujukan untuk membantu pengambil kebijakan dalam mengelola risiko dengan pertimbangan karakteristik sistem periode sekarang dan mendatang. Pengembangan model sistem dinamik risiko dan kinerja K3 industri perkapalan didasarkan dari hasil penelitian terdahulu dan justifikasi expert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar aktivitas PT DPS berada pada kondisi risiko menengah, dengan risiko tertinggi berada pada bagian building berth dan hull construction. Evaluasi risiko dan kinerja K3 menggunakan perspektif sistem dinamik, dapat dijabarkan dalam empat variabel keputusan dan lima variabel respon. Hasil simulasi sistem dinamik memberikan gambaran bahwa tingkat risiko dan kinerja K3 bersifat fluktuatif yang mengindikasikan bahwa implementasi K3 di sistem amatan masih kurang optimal. Sebagi upaya perbaikan dirumuskan empat skenario perbaikan yaitu kebijakan penanganan bahaya, pemberian reward & punishment, pelatihan K3, serta kombinasi antara pemberian reward & punishment dan pelatihan K3. Skenario terbaik ditinjau dari tingkat risiko dan kinerja K3 adalah kombinasi antara pelatihan dan pemberian reward & punishment yang menghasilkan tingkat bahaya tertangani per bulan 14.26, safety KSA 3.07, dan tingkat kecelakaan kerja 0.17 per bulan. Namun, apabila ditinjau berdasarkan parameter biaya K3, maka kebijakan pemberian reward & punishment merupakan skenario terbaik (biaya lebih rendah 28%), namun memberikan dampak pada tingkat kecelakaan kerja yang cukup rendah (lebih rendah 37%). Hasil penelitian menggunakan sistem dinamik, diharapkan dapat meyakinkan pihak manajemen dalam melaksanakan program implementasi K3. Kata kunci: risiko K3, sosio-teknikal, sistem dinamik, industri galangan kapal
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Sri Gunani Partiwi,MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous