Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Aplikasi Konsep Lean Six Sigma sebagai Upaya Perbaikan Kualitas pada Proses Produksi Sikat Gigi (Studi kasus : PT.X )
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Aplikasi Konsep Lean Six Sigma sebagai Upaya Perbaikan Kualitas pada Proses Produksi Sikat Gigi (Studi kasus : PT.X )
Edition
Call Number 2013/II/100
ISBN/ISSN
Author(s) Halimah, Siti
Subject(s) FMEA
LEAN SIX SIGMA
Classification 658.562 Hal a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2013
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata kunci : lean six sigma, diagram pareto, analytical hierarchy process (AHP), root cause analysis (RCA), failure mode and effect analysis (FMEA), value analysis.
Specific Detail Info Perkembangan dunia dan persaingan industri yang semakin tinggi menuntut industri dapat meningkatkan kemampuan bersaing terhadap kompetitor dan beroperasi pada kinerja yang lebih baik. Hal ini dapat dicapai melalui perbaikan kualitas sebagai suatu competitive advantage bagi perusahaan. PT X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri kemasan plastik dimana salah satu produk yang diproduksi adalah sikat gigi. Permasalahan yang terjadi adalah dalam proses produksi masih terjadi waste dan kinerja perusahaan belum mencapai kinerja six sigma. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lean six sigma dengan tahap DMAI. Tools yang digunakan meliputi diagram pareto, analytical hierarchy process (AHP) untuk pembobotan waste dan kriteria performansi, root cause analysis (RCA) untuk mengidentifikasi akar penyebab waste kritis, failure mode and effect analysis untuk menentukan cause waste kritis dengan RPN tertinggi, serta value analysis untuk menganalisa alternatif solusi dan menentukan usulan perbaikan yang terbaik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa defect, waiting, dan excess processing merupakan waste kritis bagi perusahaan. Usulan perbaikan terbaik yang dapat diimplentasikan adalah alternatif 3 yaitu penggunakan material homogen beserta pengadaan box untuk tiap jenis afval. Kata kunci : lean six sigma, diagram pareto, analytical hierarchy process (AHP), root cause analysis (RCA), failure mode and effect analysis (FMEA), value analysis.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto,MSIE
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous