Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Risiko Downtime dan Opportunity Loss Operasional Industri Eksplorasi Gas dengan Metode Simulasi Monte Carlo (Studi kasus : PT. Pertamina Hulu Energi-west Madura Offshore)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Risiko Downtime dan Opportunity Loss Operasional Industri Eksplorasi Gas dengan Metode Simulasi Monte Carlo (Studi kasus : PT. Pertamina Hulu Energi-west Madura Offshore)
Edition
Call Number 2013/II/102
ISBN/ISSN
Author(s) Ramadhan, Andi Reza
Subject(s) Monte Carlo Simulation
Classification 003.1 Ram a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2013
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata Kunci : Risiko Downtime & Opportunity Loss Operasional, Simulasi Monte Carlo, Mitigasi.
Specific Detail Info Gas merupakan salah satu sumber daya alam yang banyak terdapat di berbagai wilayah di Indonesia. Penggunaan gas yang terus meningkat dari tahun ke tahun menyebabkan industri gas dituntut untuk selalu meningkatkan hasil produksinya. Tingginya risiko pada proses produksi gas membuat perusahaan harus mengutamakan keselamatan para pekerja dengan menghindari terjadinya kecelakaan kerja, baik yang disebabkan oleh kondisi lingkungan, peralatan maupun pekerja itu sendiri. Kurangnya pengendalian risiko operasional berdampak pada terjadinya downtime dan opportunity loss sehingga perusahaan menjadi kesulitan untuk memenuhi permintaan pasar. Oleh karena itu diperlukannya proses manajemen terhadap risiko utamanya terhadap bagian operasional untuk menghindari terjadinya downtime dan opportunity loss dalam proses produksi gas. Pada penelitian ini dilakukan pendekatan untuk menganalisis risiko downtime dan opportunity loss serta dilakukan tindakan mitigasi dalam mengatasi risiko yang terjadi sehingga downtime dan opportunity loss pada proses produksi gas dapat direduksi dengan metode simulasi Monte Carlo. Pada umumnya metode yang digunakan adalah metode FMEA dalam melakukan risk assessment, akan tetapi metode tersebut memiliki kekurangan pada hasil risk assessment yang masih terdapat nilai risiko yang sama. Dengan menggunakan metode simulasi Monte Carlo permasalahan tersebut dapat teratasi dengan data yang didapatkan berdasarkan data lapangan dalam bentuk nilai random yang dapat mewakili kondisi lapangan. Dari hasil simulasi yang dilakukan akan didapatkan risiko kritis dan dilakukan penentuan tindakan mitigasi yang tepat agar frekuensi dan dampak yang terjadi dapat diminimalisir. Kata Kunci : Risiko Downtime & Opportunity Loss Operasional, Simulasi Monte Carlo, Mitigasi.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Iwan Vanany, ST,MT.Ph.D
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous