Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Faktor dalam Kajian Sistem Tanggap Darurat pada Klaster Industri Kimia, Studi Kasus di Kawasan Industri Gresik (KIG)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Faktor dalam Kajian Sistem Tanggap Darurat pada Klaster Industri Kimia, Studi Kasus di Kawasan Industri Gresik (KIG)
Edition
Call Number 2013/24
ISBN/ISSN
Author(s) Guntara, Sandy Yudha
Subject(s) Emergency Respone System
Chemical Industry Cluster
Classification 519 Gun a
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2013
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata kunci : Sistem tanggap darurat, Klaster industri kimia, Bahan kimia
Specific Detail Info KIG (Kawasan Industri Gresik) adalah perusahaan pengembang yang menyediakan banyak lahan industri kepada investor lokal, nasional, dan asing. Saat ini terdapat banyak perusahaan kimia di KIG, dengan potensi bahaya yang beragam dan bahan-bahan kimia yang beragam yang dapat mengancam sustainable manufacturing khususnya industri kimia. Bahaya tersebut dapat muncul kapan saja tanpa dapat kita prediksi terlebih dahulu. Oleh sebab itu, perlu dibuat langkah-langkah preventif agar bila suatu saat bahaya tersebut terjadi dampaknya tidak semakin parah. Untuk mengantisipasinya diperlukan suatu sistem yang dapat mengatur langkah-langkah untuk menindak lanjuti bila terjadi suatu keadaan darurat yaitu berupa analisa faktor dalam kajian sistem tanggap darurat pada klaster indutri tersebut. Sebagai langkah awal, dilakukan identifikasi potensi bahaya yang ada baik berupa bahan baku kimia yang digunakan, tata cara penanganannya, sistem proteksi pada masing-masing industri, dan sistem proteksi pada skala klaster. Kemudian ditentukan kaitan yang potensial untuk terjadinya kejadian darurat baik kebakaran, ledakan, paparan gas beracun, dan potensi bahaya kimia lainnya. Setelah dilakukan proses identifikasi dan penilaian tiap potensi bahaya kemudian ditentukan proteksi yang digunakan pada skala perusahaan baik pintu darurat, sistem pemadam kebakaran, tempat berkumpul darurat, dan pada skala klaster industri ditentukan keputusan evakuasi yang diperlukan apabila terjadi keadaan darurat pada karakteristik tertentu, mengingat apabila tejadi keadaan darurat pada salah satu perusahaan maka perusahaan sekitarnya juga berpotensi mengalami keadaan darurat karena letak perusahaanya yang saling berdekatan. Kontribusi dalam makalah ini adalah menambahkan satu kerangka sistem tanggap darurat yang dikembangkan oleh Lie Huang et. al (2011) yakni potensi distribusi bahan baku dan bahan jadi dalam kegiatan klaster industri kimia yang studi kasusnya berada di Kawasan Industri Gresik (KIG). Kata kunci : Sistem tanggap darurat, Klaster industri kimia, Bahan kimia
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Sri Gunani Partiwi, MT; Arief Rahman, ST,MSc.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous