Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis dan Mitigasi Risiko dengan Pendekatan Interpretive Structural Modeling (ISM), Analytic Network Process (ANP),dan House of Risk(HOR) pada Proses Pengadaan Barang dan Jasa di PT. Semen Indonesia (PERSERO) Tbk.
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis dan Mitigasi Risiko dengan Pendekatan Interpretive Structural Modeling (ISM), Analytic Network Process (ANP),dan House of Risk(HOR) pada Proses Pengadaan Barang dan Jasa di PT. Semen Indonesia (PERSERO) Tbk.
Edition
Call Number 2014/01
ISBN/ISSN
Author(s) Oktavia, Chendrasari Wahyu
Subject(s) Risk Management
Analytic Network Process (ANP)
Interpretive Structural Modeling (ISM)
Classification 658.155 Okt a
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik industri FTI ITS
Publishing Year 2014
Publishing Place Surabaya
Collation 25 cm
Abstract/Notes Risk Management,Interpretive Structural Modeling (ISM), Analytic Network Process (ANP), House of Risk(HOR)
Specific Detail Info Setiap perusahaan memerlukan barang dan jasa dalam rangka menunjang kegiatan perusahaan. Untuk memperoleh barang dan jasa tersebut maka perusahaan melakukan kegiatan pengadaan. Dalam menjalankan proses bisnisnya, bagian pengadaan akan menghadapi berbagai risiko serta penyebab risiko yang dapat berdampak pada proses bisnisnya. Oleh karena itu, pemilik dari proses bisnis pengadaan harus bertanggung jawab untuk mengelola risiko dan penyebab risiko. Pendekatan untuk mengelola risiko dikenal dengan manajemen risiko. Namun, saat ini manajemen risiko semakin kompleks karena munculnya berbagai persoalan yang tidak hanya terletak pada bertambahnya variasi risiko tetapi juga adanya hubungan keterkaitan antar risiko, hubungan keterkaitan antar penyebab risiko, dan hubungan keterkaitan antara risiko dengan penyebabnya.Berangkat dari permasalahan tersebut, penelitian ini akan menganalisa ketiga hubungan keterkaitan tersebut dengan menggunakan metode Interpretive Structural Modelling (ISM), metode Analytic Network Process(ANP), dan metode House Of Risk. Hasil akhir dari ketiga metode tersebut diperoleh 7 penyebab risiko yang perlu diprioritaskan terlebih dahulu untuk tindakan mitigasi. Berdasarkan analisis terdapat 11 tindakan mitigasi yang diusulkan dalam penelitian ini diantaranya memperketat proses seleksi pemilihan pemasok, memberikan sanksi kepada pemasok, strategi flexible supply market, meningkatkan akurasi harga perkiraan sendiri (HPS), memberikan toleransi terhadap deviasi HPS untuk komoditas barang berbeda, HPS dibuat dalam bentuk range maksimal dan minimal, menambah satu fungsi untuk market survei, monitoring dan menyusun database harga terbaru, menggunakan data base harga dari data historis, melakukan koordinasi, dan mengembangkan sistem untuk dapat monitoring kontrak. Kata Kunci : Risiko, Penyebab Risiko, Metode Interpretive Structural Modelling (ISM), Metode Analytic Network Process(ANP), dan Metode House Of Risk.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof.Dr.Ir. I. Nyoman Pujawan,M.Eng; Imam Baihaqi,ST,MSc.,Ph.D
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous