RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Penentuan Strategi Mitigasi pada Risiko Rantai Pasok dengan Mengintegrasikan FMECA dan Simulasi sistem Dinamik |
Edition | |
Call Number | 2014/05 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Profita, Anggriani |
Subject(s) | SYSTEM DYNAMIC Supply Chain Risk FMECA |
Classification | 658.155 Pro p |
Series Title | GMD | Tesis |
Language | Indonesia |
Publisher | Jurusan Teknik industri FTI ITS |
Publishing Year | 2014 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | 25 cm |
Abstract/Notes | Supply Chain Risk, Mitigation Strategy,FMECA,System Dynamic, Distribution and Transportation Risk |
Specific Detail Info | Kegagalan dalam mengelola risiko rantai pasok secara efektif dapat menimbulkan kerugian yang besar bagi organisasi, baik itu kerugian finansial, kinerja, fisik, psikis, sosial, maupun waktu. Perencanaan dan evaluasi alternatif strategi mitigasi risiko merupakan tahapan yang kritis dalam pengelolaan risiko rantai pasok. Namun, area penelitian ini belum memperoleh perhatian dari peneliti-peneliti terdahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan suatu alat bantu pengambilan keputusan mengenai penentuan strategi mitigasi dengan mengintegrasikan FMECA dan simulasi sistem dinamik. Model simulasi sistem dinamik mampu menghadirkan lingkungan artifisial dimana perilaku dinamis dari risiko dapat dikaji. Selain itu, berbagai strategi mitigasi dan trade off-nya dapat diuji coba dalam model simulasi ini. Efektivitas instrumen usulan telah diujicoba menggunakan studi kasus pada PT Semen Indonesia (Persero), khususnya pada Departemen Distribusi dan Transportasi. Berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi risiko, terdapat 6 risiko rantai pasok yang termasuk dalam kategori risiko tinggi, dimana 4 diantaranya merupakan risiko pada proses bisnis deliver. Dalam penelitian ini dikembangkan 2 skenario opsi mitigasi, yaitu peningkatan kapasitas gudang distributor (skenario 1) dan peningkatan frekuensi pengiriman semen curah ke packing plant Ciwandan (skenario 2). Hasil simulasi menunjukkan bahwa skenario mitigasi terbaik ditunjukkan oleh skenario 1 ketika dilakukan peningkatan kapasitas gudang distributor menjadi 2.000.000 semen bag. Penelitian ini mampu membuktikan bahwa integrasi FMECA dan simulasi sistem dinamik dapat digunakan sebagai alat bantu pengambilan keputusan dalam menentukan opsi mitigasi risiko. Kata Kunci: risiko rantai pasok, strategi mitigasi, FMECA, sistem dinamik, risiko distribusi dan transportasi |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Iwan Vanany, ST,MT,Ph.D, Nurhadi Siswanto,ST,MSIE,Ph.D |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |