Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penentuan Strategi Mitigasi pada Risiko Rantai Pasok dengan Mengintegrasikan FMECA dan Simulasi sistem Dinamik
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penentuan Strategi Mitigasi pada Risiko Rantai Pasok dengan Mengintegrasikan FMECA dan Simulasi sistem Dinamik
Edition
Call Number 2014/05
ISBN/ISSN
Author(s) Profita, Anggriani
Subject(s) SYSTEM DYNAMIC
Supply Chain Risk
FMECA
Classification 658.155 Pro p
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik industri FTI ITS
Publishing Year 2014
Publishing Place Surabaya
Collation 25 cm
Abstract/Notes Supply Chain Risk, Mitigation Strategy,FMECA,System Dynamic, Distribution and Transportation Risk
Specific Detail Info Kegagalan dalam mengelola risiko rantai pasok secara efektif dapat menimbulkan kerugian yang besar bagi organisasi, baik itu kerugian finansial, kinerja, fisik, psikis, sosial, maupun waktu. Perencanaan dan evaluasi alternatif strategi mitigasi risiko merupakan tahapan yang kritis dalam pengelolaan risiko rantai pasok. Namun, area penelitian ini belum memperoleh perhatian dari peneliti-peneliti terdahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan suatu alat bantu pengambilan keputusan mengenai penentuan strategi mitigasi dengan mengintegrasikan FMECA dan simulasi sistem dinamik. Model simulasi sistem dinamik mampu menghadirkan lingkungan artifisial dimana perilaku dinamis dari risiko dapat dikaji. Selain itu, berbagai strategi mitigasi dan trade off-nya dapat diuji coba dalam model simulasi ini. Efektivitas instrumen usulan telah diujicoba menggunakan studi kasus pada PT Semen Indonesia (Persero), khususnya pada Departemen Distribusi dan Transportasi. Berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi risiko, terdapat 6 risiko rantai pasok yang termasuk dalam kategori risiko tinggi, dimana 4 diantaranya merupakan risiko pada proses bisnis deliver. Dalam penelitian ini dikembangkan 2 skenario opsi mitigasi, yaitu peningkatan kapasitas gudang distributor (skenario 1) dan peningkatan frekuensi pengiriman semen curah ke packing plant Ciwandan (skenario 2). Hasil simulasi menunjukkan bahwa skenario mitigasi terbaik ditunjukkan oleh skenario 1 ketika dilakukan peningkatan kapasitas gudang distributor menjadi 2.000.000 semen bag. Penelitian ini mampu membuktikan bahwa integrasi FMECA dan simulasi sistem dinamik dapat digunakan sebagai alat bantu pengambilan keputusan dalam menentukan opsi mitigasi risiko. Kata Kunci: risiko rantai pasok, strategi mitigasi, FMECA, sistem dinamik, risiko distribusi dan transportasi
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Iwan Vanany, ST,MT,Ph.D, Nurhadi Siswanto,ST,MSIE,Ph.D
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous