Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Proses Bisnis dan Risiko dengan Kerangka Kerja Aris di Instalasi Gawat Darurat
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Proses Bisnis dan Risiko dengan Kerangka Kerja Aris di Instalasi Gawat Darurat
Edition
Call Number 2014/I/02
ISBN/ISSN
Author(s) Ratri, Laras Kartika
Subject(s) Hospital
Bussiness Process
Emergency Care
Classification 628.4 Rat a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik industri FTI ITS
Publishing Year 2014
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Hospital, Emergency care, Bussiness Process, Risk
Specific Detail Info Terlihat dari banyaknya masyarakat Indonesia yang berobat di luar negeri, merupakan bukti bahwa Institusi kesehatan seperti rumah sakit belum memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat Indonesia. Evaluasi terhadap performansi kinerja di rumah sakit sangat diperlukan untuk mencapai perbaikan proses bisnis. Dengan menggunakan metode Architecture of Integrated Information System (ARIS), proses bisnis sistem Rumah Sakit Haji Surabaya, khususnya pada Instalasi Gawat Darurat dimodelkan untuk dilakukan analisis proses bisnis lebih lanjut. Dalam merumuskan perbaikan, dilakukan juga analisis penyebab keterlambatan pada proses penanganan pasien dengan menggunakan pendekatan Root Cause Analysis (RCA) dan dilakukan proses pemetaan risiko dengan metode Event Tree Analysis (ETA). Dari akar-akar penyebab yang dihasilkan dapat dilakukan analisis lebih lanjut untuk merumuskan rencana-rencana perbaikan yang memungkinkan. Rencana tersebut selanjutnya dilihat kontribusinya terhadap waktu proses penanganan pasien dan dilakukan analisis Benefit/Cost Ratio (BCR) untuk melihat perbandingan benefit yang diperoleh dengan biaya yang dikeluarkan untuk menerapkan perbaikan-perbaikan tersebut. Hasil yang didapatkan setelah melakukan perhitungan Benefit Cost Ratio adalah rekomendasi –rekomendasi yang dapat diberikan kepada Rumah Sakit, yaitu merekrut beberapa pegawai untuk proses pendaftaran pasien, proses penanganan gawat darurat, dan proses penindakan medis dengan harapan dapat meningkatkan efisiensi dan kinerja Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Haji Surabaya. Kata Kunci: Rumah Sakit, Instalasi Gawat Darurat, Proses Bisnis, Risiko
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Iwan Vanany, ST,MT,Ph.D
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous