Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Evaluasi Resiko Bahaya Berdasarkan Faktor Lingkungan Kerja Fisik dan K3 dengan Ergonomic Assessment pada Prosess Pengalengan Nanas (studi Kasus : PT. Great Giant Pineapple,Lampung)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Evaluasi Resiko Bahaya Berdasarkan Faktor Lingkungan Kerja Fisik dan K3 dengan Ergonomic Assessment pada Prosess Pengalengan Nanas (studi Kasus : PT. Great Giant Pineapple,Lampung)
Edition
Call Number 2014/I/03
ISBN/ISSN
Author(s) Mahdi, Ibrahim Yusuf
Subject(s) Ergonomic Assessment
Health and Safety Work
Work Accident
Classification 620.86 Mah e
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik industri FTI ITS
Publishing Year 2014
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Ergonomic Assessment,Health and Safety Work, Work Accident
Specific Detail Info PT Great Giant Pineapple merupakan suatu perusahaan agrobisnis dengan bidang keunggulan sebagai perusahaan eksportir nanas kaleng dan merupakan perusahaan nanas kaleng terbesar ke-3 di dunia. Cannery Department merupakan departemen tempat dilakukannya proses pengalengan nanas dimana memiliki jumlah tingkat kecelakaan kerja paling tinggi. Kecelakaan kerja yang terjadi tentunya memiliki dampak kerugian, baik dampak terhadap para pekerja sendiri, dampaknya terhadap proses kerja dalam pabrik, serta dampak terhadap produktivitas kinerja perusahaan. Sehingga perlu adanya evaluasi terhadap hal ini Pada penelitian ini dilakukan ergonomic assessment berdasarkan faktor lingkungan kerja fisik dan K3. Untuk faktor lingkungan kerja fisik digunakan kuisioner lingkungan fisik. Untuk faktor keselamatan dan kesehatan kerja digunakan risk assessment, konsumsi energi, NASA TLX, dan nordic body map. Skor dari faktor tersebut diintegrasikan dengan menggunakan centroid method untuk mendapatkan skor akhir kategori pekerja Berdasarkan hasil ergonomic assessment, diketahui bahwa sebagian besar pekerja kurang mampu untuk melakukan tugasnya. Rekomendasi perbaikan yang diberikan berupa perbaikan ukuran dan dimensi kursi tempat duduk pekerja, penambahan kipas sebagai treatment lantai licin serta pemasangan lampu dan sensor pada area mesin seamer. Kata kunci : Ergonomic Assessment, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Kecelakaan Kerja
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Yudha Andrian Saputra, ST,MBA; Ir. Sritomo Wignjosoebroto, M.Sc.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous