Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penetapan Harga pada Dual Channel Supply Chain untuk Mengatur Tingkat Proporsi Demand Antar Channel
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penetapan Harga pada Dual Channel Supply Chain untuk Mengatur Tingkat Proporsi Demand Antar Channel
Edition
Call Number 2014/I/19
ISBN/ISSN
Author(s) Ani, Putri Hensky
Subject(s) Dual Channel Supply Chain
Customer Surplus
Classification 658.7 Ani p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik industri FTI ITS
Publishing Year 2014
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Dual Channel Supply Chain, Demand, Customer Surplus, Optimization
Specific Detail Info Dual Channel Supply Chain (DCSC) merupakan pengembangan dari struktur channel penjualan yang mengkombinasikan antara dua struktur channel yaitu traditional retail channel (offline) dan direct channel melalui internet (online). Harga produk atau besarnya biaya transaksi yang harus dikeluarkan konsumen untuk produk tersebut merupakan salah satu faktor yang yang signifikan dalam mempengaruhi preferensi dari customer terhadap pemilihan channel penjualan (Liang & Huang, 1998). Masing-masing customer tentunya memiliki batas harga untuk setiap produk dimana customer itu sendiri masih mau membayar untuk mendapatkan produk tersebut yang secara teoritis disebut sebagai customer surplus. Hal inilah yang menyebabkan tingkat market demand baik untuk online customer demand (Do) maupun pada conventional customer demand (Ds) dalam praktiknya sangat sulit atau bahkan tidak mungkin untuk didapatkan secara sempurna. Oleh karena itu, untuk dapat mengatur tingkat demand yang ada salah satu cara yang dapat dilakukan adalah demand managmenet dengan melakukan pricing atau mengubah tingkat harga yang ditawarkan. Pada DCSC salah satu tantangan yang harus dihadapi adalah bagaimana menetapkan harga baik online price (Po), conventional store price (Ps) maupun wholesale price (Pw) agar keuntungan yang didapatkan maksimal. Bagaimana mengatur agar masing-masing channel dapat melakukan penjualan maksimal secara simultan. Pada penelitian tugas akhir ini akan dibahas mengenai bagaimana decision maker melakukan penetapan harga pada masing-masing channel untuk dapat mengatur tingkat proporsi demand antar channel dengan mempertimbangkan customer surplus. Diawali dengan pengembangan model penelitian dengan menambakan faktor pengubah harga. Setelah itu dilakukan pengumpulan data yang akan digunakan sebagai parameter untuk input model dan percobaan numerik untuk mendapatkan harga optimal. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah indikasi-indikasi pada batas tingkat harga berapa decision maker dapar mengambil keputusan untuk mengatur kebijakan proporsi demand antar channel. Keyword : Dual Channel Supply Chain, Demand Customer Surplus, Optimasi
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Eng.Erwin Widodo,ST.M.Eng
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous