Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Unsafe Behaviour pada Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) konstruksi di CV.Wahana Cipta (studi kasus: Pembangunan Dermaga Multipurpose PT. Gresik Jasatama)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Unsafe Behaviour pada Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) konstruksi di CV.Wahana Cipta (studi kasus: Pembangunan Dermaga Multipurpose PT. Gresik Jasatama)
Edition
Call Number 2014/I/27
ISBN/ISSN
Author(s) Khoiri, Miftakhul
Subject(s) Occupational Safety and Health
Failure Mode
Effects and Criticality Analysis
Classification 620.96 Kho a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2014
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata Kunci : Failure Mode, Effect and Criticality Analysis (FMECA), Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Proyek Konstruksi Dermaga, Root Cause Analysis (RCA), Unsafe Behaviour.
Specific Detail Info Kecelakaan kerja adalah suatu kejadian yang merugikan, bukan hanya berdampak kepada korban saja namun juga berdampak kepada perusahaan. Dengan terjadinya kecelakaan kerja otomatis perusahaan kehilangan sumber daya, baik sumber daya manusia maupun peralatan yang dimiliki, menyebabkan terhentinya proses produksi dan dapat menimbulkan kesan buruk terhadap konsumen. Pembengkakan biayapun terjadi karena harus melakukan penggantian peralatan dan kompensasi. Bidang jasa konstruksi memiliki resiko yang besar akan kecelakaan kerja, karena pekerjaan yang dilakukan berhubungan dengan alat berat, pekerjaan dengan alat berbahaya, polusi udara dan polusi suara dan pekerjaan dalam ketinggian. Maka diperlukan sebuah Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang baik untuk tetap menjamin kelancaran proses bisnisnya. Penelitian ini diawali dengan pengamatan kondisi eksisting dari pekerja lepas yang digunakan dalam proses pembangunan kontruksi dermaga. Kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data perilaku tidak aman pekerja (unsafe behaviour) melalui penyebaran kuesioner, wawancara dan pengamatan. Setelah diketahui faktornya, maka dilanjutkan dengan pengolahan menggunakan RCA (Root Cause Analysis) untuk mendeteksi penyebabnya. kemudian dilanjutkan dengan perangkingan menggunakan FMECA (Failure Mode, Effect and Criticality Analysis) untuk mendapatkkan tingkat kekritisan dari penyebab perilaku tidak aman pekerja. Unsafe behavior yang ditemukan meliputi tidak digunakannya APD, penempatan peralatan kerja sembarangan, merokok di lingkungan kerja, bahkan ada yang sengaja menceburkan diri ke laut karena kepanasan. Poin paling penting dari unsafe behavior tersebut adalah kelalaian saat bekerja dengan terburu-buru yang memiliki nilai RPN 160, tingkat kekritisan 5 dengan nilai kepelikan 8, rekomendasi untuk poin tersebut adalah memberikan pemahaman prosedur kerja dan rotasi pekerjaan. Kata Kunci : Failure Mode, Effect and Criticality Analysis (FMECA), Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Proyek Konstruksi Dermaga, Root Cause Analysis (RCA), Unsafe Behaviour.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Sri Gunani Partiwi, MT; Anny Mariani, ST,MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous