Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Mengevaluasi Pembelajaran Teaching Industry di Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 12 Surabaya
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Mengevaluasi Pembelajaran Teaching Industry di Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 12 Surabaya
Edition
Call Number 2014/I/33
ISBN/ISSN
Author(s) Albab, M. Ulul
Subject(s) Teaching Ratio
Teaching Industry
Classification 371.195 Alb m
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2014
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata Kunci : Minat Bakat Siswa, Kepentingan Siswa, Kepuasan Siswa, Rasio Pembelajaran, Teaching Industry
Specific Detail Info Konsep Teaching Industry merupakan suatu pembelajaran untuk mencetak siswa agar siap dengan dunia kerja, dunia kerja dimana mereka tidak hanya dituntut untuk handal mengoperasikan berbagai macam alat permesinan, melainkan dituntut juga agar mampu membuat sebuah produk dengan menggunakan alat permesinan dan teori yang telah disediakan diberikan ketika mereka sekolah di SMK. Salah satu SMK yang menjadi percontohan implementasi Teaching Industry adalah SMK Negeri 12 Surabaya, dan objek penelitian dilakukan di Jurusan Teknik Pemesinan. Implementasi Teaching Industry belum optimal dapat ditinjau dari hasil karya produk siswa di Jurusan tersebut. Dan hal yang menyebabkan kurang optimalnya hasil karya siswa disebabkan karena kurang optimalnya proses pembelajaran yang dilakukan. Untuk mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan kurang berjalan dengan optimal dapat dilakukan dengan cara mengukur beban kerja guru yang mengajar untuk pelajaran praktikum apakah pembebanan setiap guru telah sama antara satu dengan yang lainnya. Kemudian mengukur rasio pembelajaran teori dan praktikum 70% : 30% sehingga dengan batasan tersebut dapat diketahui koefisien rasio pembelajaran setiap mata pelajaran apakah telah sesuai atau belum sesuai. Dan terakhir adalah dengan cara menghitung alokasi penggunaan mesin yang dapat digunakan setiap siswa. Semakin sedikit siswa bergantian menggunakan mesin maka semakin optimal proses pembelajarannya. Kemudian mengukur faktor non teknisnya dengan cara membagikan kuisioner minat bakat dan kusioner kepentingan kepuasan siswa. hasil kuisioner tersebut bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat dan bakat siswa terhadap pembelajaran di teknik pemesinan. Apabila minat dan bakat sesuai dengan keinginan siswa, maka selanjutnya mengukur kepentingan dan kepuasan menurut siswa untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang membuat siswa terpuaskan dengan performa pembelajaran di Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 12 Surabaya. Kata Kunci : Minat Bakat Siswa, Kepentingan Siswa, Kepuasan Siswa, Rasio Pembelajaran, Teaching Industry
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Yudha Prasetyawan,ST,M.Eng
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous