Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Keandalan Infrastruktur Jaringan Komputer (Studi kasus : Lembaga Pengembangan Teknologi Sistem Informasi ITS Surabaya )
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Keandalan Infrastruktur Jaringan Komputer (Studi kasus : Lembaga Pengembangan Teknologi Sistem Informasi ITS Surabaya )
Edition
Call Number 2014/II/09
ISBN/ISSN
Author(s) Roustantyo, Rizki
Subject(s) Reliability
Computer Network Infrastructure
Classification 624.171 Rou a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurudan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2014
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Reliabilitas, availabilitas, infrastruktur jaringan komputer

Specific Detail Info Maraknya penggunaan teknologi informasi di berbagai bidang bukan merupakan hal yang asing lagi, termasuk di bidang pendidikan. Untuk menunjang berbagai kebutuhan aktivitas komunikasi, banyak institusi pendidikan berlomba untuk menerapkan teknologi informasi. Sayangnya, booming penerapan teknologi informasi ini kadang tidak diikuti dengan perencanaan (planning) yang matang. Memang di satu sisi, penerapan teknologi informasi dapat meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan secara dramatis. Akan tetapi, di sisi lain, pengelolaan yang buruk dapat menjadi bumerang bagi institusi pendidikan itu sendiri. Di ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), keterbatasan anggaran merupakan salah satu faktor penentu (driver) strategi pengelolaan infrastruktur jaringan. Akibatnya, kualitas layanan jaringan seringkali menjadi korban, dengan seringnya jaringan mati (down) dan lamanya durasi normalisasi. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi availabilitas dan reliabilitas infrastruktur jaringan komputer ITS, sebelum dianalisis untuk dicari rekomendasi cara meningkatkannya. Penelitian ini diawali dengan melakukan observasi langsung dan pengambilan data terkait performa infrastruktur jaringan ITS di Pusat Jaringan. Data-data yang diambil, yakni data spesifikasi, data downtime, dan data traffic perangkat jaringan. Dari data-data tersebut dapat diketahui availabilitas, reliabilitas, dan beban traffic perangkat jaringan. Dengan itu, kemudian dilakukan analisis terhadap availabilitas, beban traffic, dan reliabilitas perangkat, yakni terkait hasil pengolahan data dan penyebab utama dibalik hasil tersebut. Selanjutnya, seluruh analisis dirangkum dalam bentuk rekomendasi untuk meningkatkan availabilitas dan reliabilitas perangkat jaringan. Hasil evaluasi kondisi availabilitas menempatkan switch akses BAAK dan switch distribusi SI sebagai yang terburuk. Sedangkan reliabilitas total sistem jaringan ITS hanya sebesar 0,592. Dengan tidak adanya standar availabilitas, maka sulit untuk mengatakan availabilitas yang dimiliki tersebut sudah baik atau buruk. Begitu pula dengan reliabilitas. Sehingga pada akhirnya, rekomendasi untuk meningkatkan dua hal tersebut adalah meningkatkan kecepatan normalisasi, memperhatikan reliabilitas perangkat, menstabilkan pasokan listrik, dan meminimalkan kerusakan komponen jaringan (server) akibat power outage.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous