Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Perbaikan Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan Metode Job Hazard Analysis dan Human Error Assessment and Reduction Technique (Heart)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Perbaikan Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan Metode Job Hazard Analysis dan Human Error Assessment and Reduction Technique (Heart)
Edition
Call Number 2014/II/10
ISBN/ISSN
Author(s) Widyaningrum, Anggraeni
Subject(s) Safety and Health
Job Hazard Analysis
Classification 620.96 Wid p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2014
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes UKM Mebel, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Hazard, Job Hazard Analysis, Human Error Assessment and Reduction Technique (HEART)
Specific Detail Info Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah salah satu sektor yang sangat berpengaruh dalam perekonomian Indonesia karena berperan sebagai penopang pertumbuhan ekonomi dan penyedia lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Namun, di sisi lain jumlah kecelakaan kerja pada sektor UKM ini juga sangat besar. Mengingat pentingnya peran tersebut dan banyaknya kecelakaan kerja yang terjadi pada UKM maka perlu dilakukan perbaikan dalam aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3), terutama pada industri manufaktur padat karya yang memiliki risiko tinggi seperti industri mebel. Dalam penelitian ini dilakukan identifikasi hazard pada pekerjaan yang ada pada UKM mebel dengan metode job hazard analysis dan pengukuran risiko human error pada karyawan menggunakan metode human error assessment and reduction technique (HEART). Selanjutnya hazard yang telah teridentifikasi diprioritaskan menggunakan risk analysis dengan memperhitungkan bobot masing-masing hazard dengan metode entropi dan juga mempertimbangkan risiko human error. Sehingga diperoleh prioritas pekerjaan berdasarkan hazard dari hasil risk analysis dan juga mempertimbangkan risiko human error. Prioritas tersebut digunakan sebagai dasar dari pengajuan alternatif perbaikan bagi pekerjaan yang berada pada prioritas tinggi. Hasil dari penelitian ini adalah alternatif perbaikan bagi pekerjaan-pekerjaan yang berada pada prioritas tinggi berdasarkan hazard dan human error yaitu penyatuan komponen, assembly akhir, finishing, penggergajian kayu, penghalusan papan, perataan papan dan pemotongan papan, Dengan adanya alternatif perbaikan ini, akan meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja pada karyawan atau pekerja.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Sri Gunani Partiwi, MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous