RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Perencanaan Program Kerja dalam Rangka Pengembangan MA Kartayuda Plus |
Edition | |
Call Number | 2014/II/18 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Aminullah, Siti Rohmana |
Subject(s) | SWOT Analysis |
Classification | 658.403 Ami p |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Jurusan Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2014 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | 24 cm |
Abstract/Notes | Kata Kunci : Madrasah, Program Kerja, Analisis SWOT |
Specific Detail Info | Madrasah Aliyah (MA) merupakan lembaga pendidikan formal yang setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA), dengan perbedaan pembelajaran keagamaan yang lebih intensif. Dari data statistik Pendis Kemenag, diketahui bahwa pada keseluruhan jenjang, baik RA, MI, MTs, dan MA, yang memiliki akreditasi A hanya dibawah 10%. Ini artinya bahwa manajemen dan pengelolaan madrasah selama ini masih perlu ditingkatkan. Salah satu implementasi manajemen madrasah adalah perencanaan program kerja. Perencanaan program kerja ini akan dilakukan di lembaga madrasah MA Kartayuda Plus. Selama ini perencanaan program kerja MA Kartayuda Plus dilakukan berdasarkan agenda rutinitas tahunan, agenda insidentil, dan agenda taktis jangka pendek, dengan tidak disertai perencanaan strategi dan harapan/capaian jangka panjang. Pada penelitian ini, program kerja dirumuskan berdasarkan analisis SWOT untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal MA Kartayuda Plus dari segi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, serta prioritas strategi. Kemudian dilakukan pembobotan pada faktor internal (IFE) dan faktor eksternal (EFE) untuk mengetahui posisi MA dalam kuadran SWOT Maps, yaitu pada kuadran I, sehingga prioritas strateginya adalah strategi S-O yang terdefinisikan sejumlah 18 strategi. Dari ke-18 strategi tersebut dilakukan inisiasi program kerja untuk tahun ajaran 2014/2015. Program kerja yang dicanangkan sejumlah 42 program kerja yang dibagi sesuai struktur organisasi MA. Program kerja tersebut diantaranya: sosialisasi perguruan tinggi dan dunia kerja, pembimbingan intensif UN dan UM PTN, pemetaan potensi minat dan bakat (bidang kurikulum), pendataan siswa baru, penyusunan kurikulum program keahlian, mengikuti kompetensi tingkat nasional, memberikan kuliah tamu, mencanangkan sistem reward (bidang kesiswaan), meningkatkan kerjasama dengan perusahaan, perguruan tinggi, alumni, dan pihak lain dan studi banding (bidang humas), pembangunan lokal madrasah (bidang sarana prasarana), konseling (koordinator BP/BK), dan perencanaan strategi berbasis data, peningkatan pengetahuan manajemen madrasah, dan pembagian tugas pengelolaan madrasah secara proporsional (staf pengelola sekolah). |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Dr.Ir. Bustanul Arifin Noer,MSc. |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |