Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Peningkatan Performansi Lantai Produksi dengan Menggunakan Pendekatan Lean Manufacturing (studi Kasus : PT. Loka Refractories)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Peningkatan Performansi Lantai Produksi dengan Menggunakan Pendekatan Lean Manufacturing (studi Kasus : PT. Loka Refractories)
Edition
Call Number 2014/II/32
ISBN/ISSN
Author(s) Pamungkas, Sindhunata
Subject(s) Lean Manufacturing
Waste
Non Value Added Activity
Classification 658.542 Pam p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI - ITS
Publishing Year 2014
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata Kunci : Lean Manufacturing, Non Value Added Activity, Waste
Specific Detail Info Dalam bisnis perindustrian saat ini, perusahaan dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas produk dan meningkatkan performansi kinerja perusahaan dengan selalu melakukan perbaikan (improvement). Bagi perusahaan manufaktur sektor yang paling penting untuk ditingkatkan performansinya adalah di sektor produksi. Persaingan antar perusahaan juga semakin ketat karena akibat pemberlakuan perdagangan bebas saat ini ditambah dengan life cycle produk yang semakin singkat disertai meningkatnya harapan konsumen terhadap produk. Perusahaan yang harus menerapkan perbaikan adalah PT Loka Refractories. Perusahaan ini adalah perusahaan yang bergerak dalam industri batu tahan api. Di perusahaan ini, lead time dari proses produksi cukup panjang dikarenakan masih adanya non value added activity yang terjadi. Non value added activity ini mengakibatkan terjadinya waste di perusahaan, seperti defect pada pembakaran, waiting karena mesin rusak, excess processing akibat proses yang berulang dan rework, overproduction serta inventory yang tinggi. Untuk menghilangkan non value added activity, digunakan tool Lean Manufacturing untuk mengidentifikasi aktivitas apa saja yang tidak memberikan nilai tambah dan mengeliminasinya. Non value added activity di perusahaan terdapat pada proses persiapan bahan, pembentukan dan pembakaran. Kemudian diketahui tiga waste kritis yang harus diperbaiki, yaitu defect, waiting dan inventory. Kemudian dicari akar penyebab permasalahan dari ketiga waste tersebut. Setelah itu dilakukan perbaikan dengan alternatif perbaikan yang terpilih adalah memberikan pelatihan kepada staff PPC dan Quality Control dengan harapan dapat memperbaiki kondisi eksisting perusahaan serta penambahan divisi maintenance untuk melakukan perawatan dan perbaikan mesin.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous