Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Implementasi Integrated Environment Performance Measurement System (IEPMS) dan Analytical Hierarchy Process (AHP) pada Industri Minyak dan Gas Di Saka Indonesia Pankah LTD (SIPL)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Implementasi Integrated Environment Performance Measurement System (IEPMS) dan Analytical Hierarchy Process (AHP) pada Industri Minyak dan Gas Di Saka Indonesia Pankah LTD (SIPL)
Edition
Call Number 2014/II/36
ISBN/ISSN
Author(s) Rabiaty, Tatsa
Subject(s) Key To Environment Performance Indicator
Integrated Environment Performance Measurement System (IEPMS) Dan Analytical Hierarchy Process (AHP)
Classification 658.151 1 Rab i
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI - ITS
Publishing Year 2014
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata kunci : Key to Environment Performance Indicator (KEPI), Integrated Environment Performance Measurement System (IEPMS), Analitycal Hierarchy Process (AHP), Scoring system.
Specific Detail Info Sektor Migas di Indonesia terus tumbuh seiring dengan tingginya tingkat konsumsi energi di Indonesia. Proses produksi kegiatan eksplorasi dan produksi migas menimbulkan potensi dampak lingkungan yang menjadi masalah masyarakat di Indonesia. Saka Indonesia Pangkah Ltd (SIPL) merupakan perusahaan yang melakukan kegiatan dalam bidang eksplorasi dan produksi minyak dan gas. Kegiatan tersebut memiliki potensi untuk menghasilkan dampak lingkungan diantaranya limbah padat, cair, gas, maupun B3. Adanya potensi dampak lingkungan yang dihasilkan SIPL membutuhkan pengukuran kinerja lingkungan perusahaan untuk memperbaiki Sistem Manajemen Lingkungan (SML) yang diimplementasikan dalam ISO 14000. Untuk itu dilakukan perancangan pengukuran kinerja lingkungan berdasarkan metode Integrated Environment Performance Measurement System (IEPMS). Prioritas indikator lingkungan yaitu Key to Environmantal Performance Indicator (KEPI) ditentukan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi potensi dari dampak lingkungan, merancang indikator lingkungan, serta mengukur dan memonitor kinerja lingkungan perusahaan. Identifikasi awal potensi dampak lingkungan menggunakan kriteria BAPEDAL. Penilaian kinerja lingkungan KEPI menggunakan metode Objective Matrix (OMAX) dan Traffic Light System. KEPI dengan kriteria kuantitatif dan kualitatif dirancang berdasarkan IEPMS kemudian dibobotkan dengan metode AHP. Penilaian kinerja lingkungan KEPI menggunakan Scoring System metode Objective Matrix (OMAX) dan Traffic Light System. Hasilnya didapatkan 60 KEPI kuantitatif dan 14 KEPI kualitatif dengan pencapaian skor 6,07030 yaitu kategori kuning. Pada KEPI merah diberikan rekomendasi perbaikan untuk diperbaiki dan diawasi sehingga perusahaan dapat meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan menjadi kategori hijau.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof.Dr.Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous