Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Prevalent, Equal dan Different Pricing strategies pada dual Channel Supply Chain (Studi Kasus: Klastik Shoes)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Prevalent, Equal dan Different Pricing strategies pada dual Channel Supply Chain (Studi Kasus: Klastik Shoes)
Edition
Call Number 2014/II/39
ISBN/ISSN
Author(s) Zenia, Engga Dwi
Subject(s) Dual Channel Supply Chain
Quadratic Programming
Pricing Strategies
Classification 658.7 Zen a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI - ITS
Publishing Year 2014
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata kunci: dual channel supply chain, quadratic programming, strategi pricing
Specific Detail Info Perkembangan teknologi internet yang menawarkan beberapa keunggulan seperti rendahnya biaya operasional, perluasan jangkuan pasar dan trend kebiasaan belanja, menarik minat perusahaan baru untuk langsung membuka saluran penjualan secara online (direct channel). Namun, salah satu studi terdahulu menunjukkan bahwa daya tarik akan belanja secara offline tidak dapat dengan mudah digantikan oleh e-shopping. Maka dari itu, banyak produsen tidak serta merta melakukan kegiatan jual beli dengan cara online saja untuk mendapatkan pelanggan, tetapi juga mempertimbangkan adanya dual channel. Dual channel supply chain merupakan cara penjualan produk melalui online channel dan offline channel secara bersamaan. Sistem ini memungkinkan terjadinya kompetisi antar masing-masing channel dalam suatu rantai pasok itu sendiri. Bagi para konsumen, berbelanja secara online adalah berisiko. Sistem penjualan dual channel yang berawal dari sistem online memiliki lebih banyak risiko terhadap kepercayaan pelanggan. Ketidakmampuan konsumen melakukan inspeksi secara langsung terhadap produk menuntut produsen melakukan strategi market yang tepat, salah satunya dengan memiliki strategi pricing yang tepat. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi ketimpangan profitabilitas antar channel dan juga agar terjaga kepuasan konsumen terhadap harga jual produk yang ditawarkan. Terlebih, kepercayaan pelanggan yang sudah terbangun atas pembelian dari saluran online akan membuat konflik baru di dalam internal perusahaan, apakah harga produk akan dijual dengan harga sama ataupun berbeda pada masing-masing channel apabila perusahaan memiliki saluran penjualan offline. Melihat besarnya dampak pengambilan keputusan strategi pricing bagi performansi profitabilitas perusahaan, dilakukan penelitian dalam bentuk skripsi tentang analisis strategi pricing, antara lain: prevalent, equal, dan different pricing strategy dalam suatu rantai pasok dan bagaimana profitabilitas yang optimum, baik bagi masing-masing channel maupun bagi keseluruhan channel dapat dihitung. Metode yang digunakan adalah metode optimasi dengan menggunakan quadratic programming, yang mana digunakan skema penentuan harga secara Bertrand dan Stackelberg. Dari percobaan dapat diketahui bahwa, dari ketiga strategi pricing yang disarankan, skenario dengan different pricing strategy memberikan profit tertinggi dengan mempertimbangkan eksistensi channel lain dan keseimbangan demand bagi masing-masing channel.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Eng. Erwin Widodo,ST
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous