Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Simple Iterative Mutation Algorithm(SIM-A) untuk Menyelesaikan Permasalahan Ship Scheduling and assignment (studi kasus: Distribusi Semen Curah pada PT.X)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Simple Iterative Mutation Algorithm(SIM-A) untuk Menyelesaikan Permasalahan Ship Scheduling and assignment (studi kasus: Distribusi Semen Curah pada PT.X)
Edition
Call Number 2014/II/66
ISBN/ISSN
Author(s) Harianto, Ketut Hendra
Subject(s) Metaheuristic Method
Ship Scheduling And Assignment
Classification 658.5 Har p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2014
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata Kunci : Ship Scheduling and Assignment, NP - Hard Problem, metode meta-heuristik, Simple Iterative Mutation Algoritm, Minimum requirement draft
Specific Detail Info PT. X merupakan perusahaan penghasil semen dengan pangsa pasar tersebesar di Indonesia. Pada tahun 2010, PT. X mampu merebut 43.3% dari total market share dalam Negeri. 20% dari volume barang yang dihasilkan oleh PT. X didistribusikan melalui jalur laut. Pada tahun 2013, PT. X menghasilkan biaya distribusi sebesar 923 Milyar atau setara dengan 39.8% dari total beban usaha. Pengiriman semen curah pada PT. X dilakukan dengan menggunakan kapal sewa dengan sistem time charter. Salah satu penyebab biaya distribusi yang besar adalah adanya mekanisme penjadwalan dan penugasan yang kurang baik. Saat ini PT. X menggunakan 13 kapal sewa untuk digunakan mengirimkan semen curah ke 7 packing plant dengan lokasi yang berbeda. Dengan adanya kondisi seperti itu, maka diperlukan adanya suatu penelitian yang membahas mengenai penjadwalan dan penugasan kapal (ship scheduling and assignment). Penjadwalan dan penugasan kapal merupakan permasalahan yang tergolong ke dalam NP-Hard Problem yaitu permasalahan yang membutuhkan waktu penyelesaian yang lebih lama seiring bertambahnya ukuran permasalahan. Permasalahan ship scheduling and assignment (SSA) tergolong ke dalam permasalahan NP-Hard. Oleh karena itu diperlukan adanya suatu metode yang mampu menyelesaikan permasalahan SSA dalam waktu yang relatif singkat. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah metode metaheuristik. Pada penelitian ini dikembangkan metode Simple Iterative Mutation Algorithm (SIM–A) untuk menyelesaikan permasalahan SSA dengan mempertimbangkan minimum requirement draft kapal untuk bisa berlabuh di pelabuhan. SIM–A merupakan kombinasi dari dua metode metaheuristik yaitu Cross Entropy dan Genetic Algorithm. Pada penelitian ini dikembangkan dua skenario berbeda dimana perbedaannya terletak pada durasi lama waktu mulai loading maupun unloading.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof.Dr.Ir. I. Nyoman Pujawan,M.Eng;Prof.Ir. Budi Santosa, MS,Ph.D
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous