Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Kebijakan Moneter Bank Indonesia dalam Mengantisipasi Defisit Transaksi Berjalan dan Gejolak Kenaikan Nilai Tukar Dolar Amerika Terhadap Rupiah Indonesia (Sebuah Pendekatan Simulasi Sistem Dinamik )
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Kebijakan Moneter Bank Indonesia dalam Mengantisipasi Defisit Transaksi Berjalan dan Gejolak Kenaikan Nilai Tukar Dolar Amerika Terhadap Rupiah Indonesia (Sebuah Pendekatan Simulasi Sistem Dinamik )
Edition
Call Number 2014/II/71
ISBN/ISSN
Author(s) Tjandra, Yohanes Adi
Subject(s) Current Account Deficit
Sytem Dynamic
The Exchange Rate Of Indonesian Rupiah
Classification 658.403 42 Tja k
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2014
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata kunci: Defisit Transaksi Berjalan, Nilai Tukar Rupiah, Sistem Dinamik
Specific Detail Info Di tengah era globalisasi yang terus berkembang, Indonesia dihadapkan dengan salah satu permasalahan ekonomi, yaitu melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar secara terus-menerus. Hal ini salah satunya disebabkan oleh defisit transaksi berjalan yang berkepanjangan yang akhirnya menyebabkan penurunan profitabilitas sementara jumlah utang yang harus dibayar mengalami peningkatan. Pada penelitian ini, objek penelitian difokuskan pada jumlah cadangan devisa negara Indonesia karena cadangan devisa umumnya digunakan sebagai salah satu indikator kestabilan dan kelangsungan proses ekonomi suatu negara. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan sistem dinamik karena pendekatan ini memiliki keunggulan dalam mengevaluasi non-linearitas dan dinamisasi sistem. Penggunaan sistem dinamik ditujukan untuk membantu pengambil kebijakan moneter Indonesia dalam mengelola risiko dengan pertimbangan karakteristik sistem periode sekarang dan mendatang. Sehingga nantinya diharapkan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika dapat terus terkendali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan utama dolar Amerika terhadap rupiah disebabkan oleh defisit transaksi berjalan yang berkepanjangan. Evaluasi pergerakan kurs valuta asing menggunakan perspektif sistem dinamik dapat dijabarkan dalam tiga variabel keputusan dan empat variabel respon. Hasil simulasi sistem dinamik memberikan gambaran bahwa tekanan dolar Amerika terhadap rupiah masih cukup tinggi. Sebagi upaya perbaikan dirumuskan tiga skenario perbaikan yaitu peningkatan BI rate, peningkatan Indeks Harga Konsumen Amerika, serta peningkatan kegiatan ekspor barang dan jasa. Skenario terbaik ditinjau dari kestabilan pergerakan kurs Dolar Amerika terhadap Rupiah serta jumlah cadangan devisa negara adalah peningkatan kegiatan eskpor barang dan jasa yang menghasilkan kestabilan nilai tukar Dolar Amerika terhadap Rupiah pada nilai + Rp 9.000,- serta peningkatan terus-menerus pada jumlah cadangan devisa negara Indonesia. Namun, apabila ditinjau berdasarkan parameter pergerakan kurs Dolar Amerika terhadap Rupiah saja, maka peningkatan Indeks Harga Konsumen Amerika merupakan skenario terbaik. Dan untuk mendukung peningkatan kegiatan ekspor barang dan jasa ini dibutuhkan usaha dan kerjasama dari pemerintah, Bank Indonesia maupun pihak produsen, serta ketegasan dari lembaga hukum dalam memberantas korupsi yang selama ini merugikan negara
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof.Dr.Ir. Budisantoso Wirdjodirdjo,M.Eng
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous