Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Model Integrasi QFD-Programming Axiomatic Design-Fuzzy Goal Programming serta Aplikasi Triz dalam Memaksimalkan Kepuasan dan Meminimalkan Biaya Pengembangan Produk
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Model Integrasi QFD-Programming Axiomatic Design-Fuzzy Goal Programming serta Aplikasi Triz dalam Memaksimalkan Kepuasan dan Meminimalkan Biaya Pengembangan Produk
Edition
Call Number 2014/II/73
ISBN/ISSN
Author(s) Choirumah
Subject(s) Fuzzy Goal Programming
QFD
Axiomatic Design
Classification 658.56 Cho p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2014
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata Kunci: Axiomatic Design (AD), Fuzzy Goal Programming (FGP), Kano, Quality Function Design (QFD), dan Teoriya Resheniya Izobretatelskikh Zadatch (TRIZ).
Specific Detail Info Kebutuhan konsumen yang selalu berubah-ubah menjadi salah satu tantangan bagi perusahaan untuk peka terhadap setiap perubahan yang ada, karena konsumen akan memilih sebuah produk yang memiliki atribut sesuai dengan yang diinginkan. Jika perusahaan tidak mampu menangkap perubahan kebutuhan konsumen tersebut, maka produk yang ditawarkan akan semakin jauh dari konsumen. Penelitian ini menunjukkan hubungan dari penggunaan teori QFD-KANO-Axiomatic Design dan Fuzzy Goal Programming dalam permasalahan perancangan desain produk serta menerapkan prinsip inovasi TRIZ dalam menghadapi kontradiksi permasalahan yang muncul. Teori QFD digunakan untuk tahapan perencanaan kebutuhan konsumen, menangkap Voice of Customer (VoC) untuk menentukan atribut dan respon teknis yang dibutuhkan dalam pembentukan desain. Teori Kano digunakan untuk mengklasifikasikan atribut produk sesuai prioritas kebutuhan konsumen yang harus dipenuhi oleh perusahaan berdasarkan kategori Kano. Teori AD digunakan untuk membentuk desain konseptual yang lebih kualitatif melalui proses evaluasi respon teknis yang telah ditentukan dalam tahapan QFD dan penentuan parameter desain. Teori FGP digunakan untuk mengatasi ketidakpastian data yang diperoleh baik dari konsumen maupun dari perusahaan sehingga output yang dihasilkan lebih mampu merepresetasikan kondisi yang sebenarnya. Sedangkan teori TRIZ digunakan untuk memunculkan ide-ide kreatif pengembangan produk melalui 39 parameter kontradiksi dan 40 prinsip inovasi yang diterapkan dalam teori TRIZ. Pada penelitian ini model matematis yang dihasilkan memiliki tujuan memaksimalkan kepuasan konsumen dan meminimalkan biaya pengembangan sebagai tujuan perusahaan serta minimasi nilai informasi sebagai syarat Axiomatic Design.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof.Dr.Ir. Moses L.Singgih, MSc.M.Reg.Sc.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous