Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Penetapan Diskon dalam Dual Channel Supply Chain (studi kasus: PT. Indoprom Indonesia Cabang Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Penetapan Diskon dalam Dual Channel Supply Chain (studi kasus: PT. Indoprom Indonesia Cabang Surabaya)
Edition
Call Number 2014/II/75
ISBN/ISSN
Author(s) Savira, Afrida Karina
Subject(s) Optimation
Dual Channel Supply Chain
Discon
Classification 658.7 Sav a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2014
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata kunci: Dual Channel Supply Chain (DCSC), Diskon, Optimasi, Quadratic Programming, Bertrand
Specific Detail Info Seiring adanya perkembangan teknologi, menyebabkan aktivitas penjualan ikut beradaptasi. Adaptasi yang nyata tampak dengan semakin banyak jumlah masyarakat yang gemar belanja online. Melihat pertumbuhan bisnis online yang signifikan, tampak adanya peluang yang besar bagi para retailer untuk menghasilkan lebih banyak revenue dengan menambah channel penjualan. Hal ini membuat para pelaku bisnis melakukan adaptasi dengan menerapkan sistem Dual Channel Supply Chain (DCSC). Dalam DCSC, penjualan kini tidak hanya dilakukan melalui retailer (offline), namun juga melalui media internet (online). Penggunaan DCSC akan memudahkan perusahaan menjangkau segmen pelanggan yang tidak mampu dijangkau store (offline), memperluas cakupan pasar, mengontrol harga jual, serta meningkatkan keuntungan. Adanya penambahan channel penjualan membuat pelaku bisnis perlu melakukan beberapa upaya untuk dapat mempertahankan angka penjualan, salah satunya dengan pemberian diskon. Maka, dalam penelitian ini akan dibahas bagaimana mengoptimalkan diskon dalam DCSC dengan tetap memaksimalkan keuntungan pada objek amatan PT. Indoprom Indonesia cabang Surabaya. Untuk menemukan solusi optimal dilakukan dua kali optimasi. Optimasi pertama dilakukan menggunakan model awal untuk memperoleh harga jual offline dan online yang optimal. Optimasi kedua dilakukan dengan model pengembangan untuk memperoleh diskon. Kedua optimasi ini menggunakan metode Quadratic Programming karena fungsi tujuannya melibatkan variabel keputusan harga yang berorde 2. Lebih jauh, skema penetapan harga yang dipilih adalah Bertrand karena perusahaan menentukan harga pada kedua channel secara bersamaan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa semakin besar diskon yang diberikan akan meningkatkan harga jual offline dan menurunkan harga jual online. Hal ini menyebabkan keuntungan offline meningkat hingga dicapai nilai diskon optimal, namun akan menurun saat diskon telah melewati batas optimal. Sedangkan, semakin besar diskon menyebabkan keuntungan online akan meningkat. Semakin besar diskon juga menyebabkan keuntungan DCSC menjadi menurun.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Eng.Erwin Widodo,ST.M.Eng
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous