Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Evaluasi Perbaikan Safety Behavior Pekerja dengan Metode Behavior-Based Safety pada Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus : UKM Logam UD Aji Batara Perkasa Mandiri Ngingas, Sidoarjo )
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Evaluasi Perbaikan Safety Behavior Pekerja dengan Metode Behavior-Based Safety pada Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus : UKM Logam UD Aji Batara Perkasa Mandiri Ngingas, Sidoarjo )
Edition
Call Number 2014/II/85
ISBN/ISSN
Author(s) Mustikaningrum, Brestialma
Subject(s) SME
Unsafe Behavior
Safety Performance
Classification 620.82 Mus e
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2014
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata kunci : UKM, Unsafe Behavior, Safety Performance Index, Behavior-Based Safety.
Specific Detail Info Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakah salah satu usaha yang menyerap 60 persen angkatan kerja di Indonesia. UKM di Indonesia terdiri dari berbagai jenis dan beragam risiko bahaya yang dapat ditimbulkan. UD Aji Batara Perkasa Mandiri (ABP) merupakan salah satu UKM logam di Desa Ngingas, Sidoarjo yang memiliki tingkat risiko besar terhadap pekerjaan dan sering terjadi kecelakaan kerja. Kebanyakan kecelakaan kerja yang dialami disebabkan faktor unsafe behavior pekerja, diantaranya ketidaktaatan penggunaan APD, merokok di area kerja, dan lain-lain. Dalam penelitian ini dilakukan evaluasi terhadap aspek safety yang ada pada UKM dalam upaya perbaikan unsafe behavior dengan penerapan metode Behavior-Based Safety pada UD ABP. Metode ini berguna untuk meningkatkan nilai safety performance index dari pekerja UKM sebagai indikator behavior pekerja. Langkah-langkah yang dilakukan antara lain menghitung error dengan metode SHERPA untuk penentuan departemen amatan, risk analysis untuk identifikasi risiko bahaya departemen amatan, selanjutnya mengidentifikasi unsafe behavior amatan yang menjadi dasar untuk observasi kondisi eksisting dengan Critical Behavior Checklist (CBC). Dilakukan pula penyebaran kuesioner dan wawancara kepada pihak terkait, Root Cause Analysis untuk mengetahui akar penyebab unsafe behavior, yang kemudian menjadi input dari rekomendasi perbaikan dan proses implementasi. Setelah proses implementasi, dilakukan evaluasi pasca implementasi dan pengujian nilai safety performance index menggunakan uji statistik paired-t test. Hasil dari penelitian ini adalah perubahan unsafe behavior pada departemen coating berdasarkan proses implementasi yang dilakukan berupa pemberian safety manual book kepada pekerja tetap, penempelan tiga jenis poster, dan pengadaan APD. Proses implementasi dilakukan selama satu bulan dengan hasil terjadi peningkatan nilai safety performance index sebesar 11,83%.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Sri Gunani Partiwi, MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous