Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Sistem Kerja Untuk Meningkatkan Performansi Pegawai dengan Pendekatan Ergonomi Total (Studi Kasus: RSM Siti Khodijah Gurah, Kab.Kediri)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Sistem Kerja Untuk Meningkatkan Performansi Pegawai dengan Pendekatan Ergonomi Total (Studi Kasus: RSM Siti Khodijah Gurah, Kab.Kediri)
Edition
Call Number 2014/II/86
ISBN/ISSN
Author(s) Shubhan A.H, Moh Arif
Subject(s) Burnout
Dynamics System
Employee Performance
Classification 658.20 Sub
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2014
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata kunci: Burnout, Faktor Ergonomi, Performansi Pegawai, Sistem Dinamik, Sistem Kerja Rumah Sakit
Specific Detail Info Salah satu tujuan dari sistem di rumah sakit adalah untuk meningkatkan performansi pegawai, khususnya dalam pelayanan pada pasien. Beban kerja pegawai sangat fluktuatif tergantung jumlah pasien yang datang dan yang rawat inap. Beban kerja yang fluktuatif ditambah dengan waktu (shift) kerja yang panjang bisa menyebabkan kelelahan fisik dan akan berakibat pada penurunan performansi pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat performansi pegawai dan membuat model peningkatan performansi berdasarkan pengaruh faktor ergonomi. Penelitian ini menggunakan metode MBI, MOQS dan sistem dinamik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat burn out tertinggi pegawai terjadi pada shift malam. Faktor ergonomi lain yang berpengaruh terhadap peningkatan performansi adalah beban kerja, lingkungan fisik, kondisi organisasi, peralatan pendukung dan karakteristik individu. Nilai performansi pegawai rata-rata 104% kecuali bidang pelaksana pelayanan (94%) dan perawat klinik (89%). Hasil simulasi sistem dinamik menunjukkan bahwa performansi akan naik pada semester 5 sebesar 102%. Ada enam skenario perbaikan yang dibuat untuk meningkatkan performansi pegawai dan terpilih skenario 1 perbaikan beban kerja dan 2 perbaikan kebijakan RSM dalam hal kondisi organisasi yang memiliki nilai rata-rata peningkatan paling tinggi. Rekomendasi perbaikan yang diusulkan terkait skenario yang terpilih adalah yang pertama dengan mengatur ulang waktu pembagian shift agar beban kerja sama dan penambahan jumlah tenaga kesehatan medis dan mulai mengkaji kesejahteraan pegawai dalam hal K3RS yang yang tidak hanya secara kuratif namun preventif.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Sri Gunani Partiwi, MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous