Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pemilihan Strategi untuk Meningkatkan Kinerja Inovasi Klaster Industri Kreatif Kampoeng Batik Laweyan
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pemilihan Strategi untuk Meningkatkan Kinerja Inovasi Klaster Industri Kreatif Kampoeng Batik Laweyan
Edition
Call Number 2015/03
ISBN/ISSN
Author(s) Rahayu, Jumie Sephy
Subject(s) Cluster
Strategies
Innovation Performance
Classification 519.53 Rah p
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2015
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata kunci: strategi, kinerja inovasi, klaster, batik
Specific Detail Info Saat ini, dunia sedang memasuki era-industri gelombang keempat, yaitu industri ekonomi kreatif yang menekankan pada gagasan dan ide kreatif. Adanya preferensi konsumen, perkembangan teknologi, dan iklim kompetisi yang cepat berubah menuntut klaster memperbarui strategi dengan melakukan inovasi. Penciptaan inovasi diharapkan dapat meningkatkan produktivitas klaster sehingga produk klaster dapat bersaing dipasaran lokal maupun global. Penelitian ini membahas pemilihan strategi untuk meningkatkan kinerja inovasi klaster industri kreatif batik Laweyan. Penelitian ini menggunakan metode diagram Rantai Nilai (Value Chain, Business Model Canvas, analisis PESTEL dan analisis Diamod Porter. Selanjutnya mengidentifikasi SWOT, kemudian melakukan pembobotan untuk mengetahui posisi kuadran. Pembobotan dilakukan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Selanjutnya, dilakukan pemilihan strategi dengan metode Analytic Network Process (ANP). Hasil penelitian yang menghasilkan, (1) klaster industri kreatif Kampoeng Batik Laweyan berada pada kuadran I, yaitu posisi agresif dan ekspansi sehingga strategi yang digunakan adalah memanfaatkan kekuatan untuk mengoptimalkan peluang. Subkriteria yang paling berpengaruh dalam pemilihan strategi adalah subkriteria Price (P2) dan Profit rate (M4). Strategi yang menjadi prioritas akhir yaitu penguatan brand Kampoeng Batik Laweyan dan Pengembangan kampung wisata edukasi. `
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Bambang Syairuddin, MT; Dr.Ir. Sri Gunani Partiwi, MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous