Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Model dan Algoritma Dynamic-Inventory Ship Rounting Problem (D-ISRP) dengan Mempertimbangkan Tingkat Kesibukan Pelabuhan
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Model dan Algoritma Dynamic-Inventory Ship Rounting Problem (D-ISRP) dengan Mempertimbangkan Tingkat Kesibukan Pelabuhan
Edition
Call Number 2015/06
ISBN/ISSN
Author(s) Nurminarsih, Siti
Subject(s) Vendor Managed Inventory
Interaction Theory
Dwelling time
dynamic multi depot Inventory Ship Routing Problem
Classification 658.787 Nur p
Series Title
GMD Tesis
Language Inggris
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2015
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata kunci: dwelling time, vendor managed inventory, dynamic multi depot inventory ship routing problem, interaction theory
Specific Detail Info Ketidakpastian tingkat kesibukan pelabuhan atau dwelling time menyebabkan ketidaksesuaian operasional kapal terhadap jadwal yang telah direncanakan. Lamanya waktu tunggu di pelabuhan mengakibatkan utilitas kapal menjadi rendah dan biaya distribusi meningkat karena pemberlakuan biaya pelabuhan. Dampak lainnya adalah memperbesar kemungkinan keterlambatan kapal yang berpotensi untuk menyebabkan terjadinya inventory stock out. Jika supplier menerapkan kebijakan vendor managed inventory (VMI), maka dalam hal ini supplier akan menanggung biaya penalti akibat keterlambatan tersebut. Untuk menghindari terjadinya keterlambatan, diperlukan evaluasi terhadap jadwal eksisting apabila terdapat informasi perubahan dwelling time. Oleh karena itu, pada penelitian ini dikembangkan model dynamic-inventory ship routing problem (D-ISRP), dimana proses re-routing berdasarkan informasi dwelling time akan dilakukan dengan mengevaluasi opsi perubahan kecepatan dan opsi perubahan urutan kunjungan. Kedua opsi tersebut kemudian dibandingkan untuk menentukan jadwal baru jika terjadi perubahan dwelling time. Model yang dikembangkan mempertimbangkan beberapa komponen biaya antara lain biaya konsumsi bahan bakar saat pelayaran, konsumsi bahan bakar saat berlabuh, biaya operasional kapal, biaya kepelabuhanan, biaya loading/unloading, serta biaya penalti keterlambatan. Permasalahan D-ISRP merupakan permasalahan NP-hard, maka pada penelitian ini dikembangkan juga algoritma heuristic berbasis interaction theory sebagai teknik solusi. Berdasarkan percobaan numerik yang dilakukan, disimpulkan bahwa algoritma yang dikembangkan dapat menyelesaikan permasalahan D-ISRP dan pada keseluruhan kondisi, opsi perubahan kecepatan menghasilkan performansi yang lebih baik dalam merespon perubahan informasi dwelling time.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Eng.Ir. Ahmad Rusdiansyah,M.Eng;Nurhadi Siswanto,ST,MSc.Ph.D
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous