RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Pengembangan Model dan Algoritma Dynamic-Inventory Ship Rounting Problem (D-ISRP) dengan Mempertimbangkan Tingkat Kesibukan Pelabuhan |
Edition | |
Call Number | 2015/06 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Nurminarsih, Siti |
Subject(s) | Vendor Managed Inventory Interaction Theory Dwelling time dynamic multi depot Inventory Ship Routing Problem |
Classification | 658.787 Nur p |
Series Title | GMD | Tesis |
Language | Inggris |
Publisher | Jurusan Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2015 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | 24 cm |
Abstract/Notes | Kata kunci: dwelling time, vendor managed inventory, dynamic multi depot inventory ship routing problem, interaction theory |
Specific Detail Info | Ketidakpastian tingkat kesibukan pelabuhan atau dwelling time menyebabkan ketidaksesuaian operasional kapal terhadap jadwal yang telah direncanakan. Lamanya waktu tunggu di pelabuhan mengakibatkan utilitas kapal menjadi rendah dan biaya distribusi meningkat karena pemberlakuan biaya pelabuhan. Dampak lainnya adalah memperbesar kemungkinan keterlambatan kapal yang berpotensi untuk menyebabkan terjadinya inventory stock out. Jika supplier menerapkan kebijakan vendor managed inventory (VMI), maka dalam hal ini supplier akan menanggung biaya penalti akibat keterlambatan tersebut. Untuk menghindari terjadinya keterlambatan, diperlukan evaluasi terhadap jadwal eksisting apabila terdapat informasi perubahan dwelling time. Oleh karena itu, pada penelitian ini dikembangkan model dynamic-inventory ship routing problem (D-ISRP), dimana proses re-routing berdasarkan informasi dwelling time akan dilakukan dengan mengevaluasi opsi perubahan kecepatan dan opsi perubahan urutan kunjungan. Kedua opsi tersebut kemudian dibandingkan untuk menentukan jadwal baru jika terjadi perubahan dwelling time. Model yang dikembangkan mempertimbangkan beberapa komponen biaya antara lain biaya konsumsi bahan bakar saat pelayaran, konsumsi bahan bakar saat berlabuh, biaya operasional kapal, biaya kepelabuhanan, biaya loading/unloading, serta biaya penalti keterlambatan. Permasalahan D-ISRP merupakan permasalahan NP-hard, maka pada penelitian ini dikembangkan juga algoritma heuristic berbasis interaction theory sebagai teknik solusi. Berdasarkan percobaan numerik yang dilakukan, disimpulkan bahwa algoritma yang dikembangkan dapat menyelesaikan permasalahan D-ISRP dan pada keseluruhan kondisi, opsi perubahan kecepatan menghasilkan performansi yang lebih baik dalam merespon perubahan informasi dwelling time. |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Dr.Eng.Ir. Ahmad Rusdiansyah,M.Eng;Nurhadi Siswanto,ST,MSc.Ph.D |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |