Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Strategi Rationing pada Situasi rasio Demand Terhadap Supply Berfluktuasi
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Strategi Rationing pada Situasi rasio Demand Terhadap Supply Berfluktuasi
Edition
Call Number 2015/09
ISBN/ISSN
Author(s) Nurhayani, Evi
Subject(s) Service Level
Demand Classes
Rationing
Total Profit
Classification 658.72 Nur p
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2015
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata kunci:as pelanggan, rationing, total profit, service level.
Specific Detail Info Pada keadaan aktual, kuantitas demand dan supply pemenuhannya seringkali berubah-ubah. Hal tersebut menimbulkan fluktuasi rasio demand terhadap supply. Pada kondisi dimana demand lebih besar daripada supply, perusahaan yang memiliki beberapa kelas pelanggan dihadapkan pada masalah yang disebut rationing. Aktivitas utama rationing adalah perlakuan alokasi permintaan dan service level yang berbedabeda pada masing-masing kelas pelanggan sesuai dengan tingkat prioritasnya. Pertimbangan atau kriteria didalam melakukan kebijakan rationing umumnya adalah faktor kepentingan, karakteristik dan nilai strategis yang berbeda-beda, hal ini menyebabkan rationing perlu dilakukan guna meningkatkan profitabilitas perusahaan. Dalam tesis ini disusun tiga skenario implementasi rationing pada sistem persediaan continuous-review (Q, r). Pada tiga skenario terdapat dua kelas pelanggan dengan karakteristik demand yang berfluktuasi. Pada skenario pertama akan diberikan service level pada kelas pelanggan berdasarkan partiality rationing strategy, skenario kedua berdasarkan weighted rationing strategy, dan yang ketiga berdasarkan static rationing strategy. Ketiga skenario kemudian akan diimplementasikan berdasarkan pertimbangan dua aspek yaitu aspek kepentingan perusahaan dan kepentingan pelanggan. Tiga skenario diatas diukur dan dievaluasi berdasarkan dua kriteria yakni service level dan total profit.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof.Dr.Ir. I Nyoman Pujawan,M.Eng;Dr.Eng.Erwin Widodo,ST,M.Eng
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous