Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Evaluasi Perbaikan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dalam Upaya Meningkatkan Safety Behavior Pekerja (studi kasus PT. PAL Indonesia )
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Evaluasi Perbaikan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dalam Upaya Meningkatkan Safety Behavior Pekerja (studi kasus PT. PAL Indonesia )
Edition
Call Number 2015/I/05
ISBN/ISSN
Author(s) Saputro, Ardi Marta
Subject(s) Behavior Based Safety
SMK3
Classification 620.82 Sap e
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI - ITS
Publishing Year 2015
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata Kunci : Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja,
Safety behavior, Unsafe behavior dan Root Cause Analysis, Behavior Based
Safety
Specific Detail Info Perkembangan industri di Indonesia mengalami kemajuan yang sangat signifikan khususnya pada industri manufaktur perkapalan. Sehingga dibutuhkan lebih banyak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas yang mampu untuk menunjang aktifitas usaha. Berkembangnya teknologi yang digunakan pada bidang manufaktur ternyata juga tidak mengurangi jumlah angka kecelakaan kerja yang terjadi. Masih dianggap remehnya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sehingga berakibat bertambahnya jumlah kecelakaan kerja yang terjadi setiap tahun. Pemerintah sendiri telah mengharuskan perusahaan yang memiliki tingkat risiko kecelakaan yang tinggi untuk menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) pada perusahaan. SMK3 yang baik saja tidak cukup untuk dimiliki suatu perusahaan, karena saat ini masalah yang cukup sering dihadapi oleh perusahaan adalah perilaku tidak aman (unsafe behavior) dari pekerja. Penelitian ini dilakukan pada PT. PAL Indonesia perusahaan yang bergerak dibidang produksi, pemeliharaan, penelitian dan pengembangan kapal. Dari data kecelakaan yang terjadi pada PT. PAL Indonesia, divisi kapal niaga merupakan divisi yang tingkat kecelakaan paling tinggi. Hal ini disebabkan karena banyaknya jenis pekerjaan memiliki risiko kecelakaan yang tinggi pada divisi kapal niaga, maka dari itu pekerja harus berperilaku aman (safety behavior) untuk dapat mengurangi risiko kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan meningkatkan safety behavior pekerja dengan cara melakukan evaluasi dan perbaikan SMK3 yang ada. Metode yangdigunakan pada penelitian adalah Root Cause Analysis (RCA) dan implementasi Behavior Based Safety (BBS). Kemudian dilakukan Uji-T untuk dapat mengetahui adanya peningkatan safety behavior dari pekerja sebelum dan sesudah implementasi dilakukan. Hasil dari penelitian ini adalah rekomendasi perbaikan SMK3 untuk dapat meningkatkan safety behavior pekerja.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dyah Santhi Dewi, ST,M.Eng.Sc,Ph.D; Ir. Sritomo Wignjosoebroto,MSc.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous