Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Bahaya dengan Metode Hazard and Operability Study (HAZOP) dan OHS Risk Assessment (studi kasus PT. Dempo Laser Metalindo)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Bahaya dengan Metode Hazard and Operability Study (HAZOP) dan OHS Risk Assessment (studi kasus PT. Dempo Laser Metalindo)
Edition
Call Number 2015/I/13
ISBN/ISSN
Author(s) Pramono, Yovianto
Subject(s) HAZOP
OHS Risk Assessment'hazard Analysis
Classification 620.96 Pra a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI - ITS
Publishing Year 2015
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata kunci : hazop, OHS risk assessment, potensi bahaya
Specific Detail Info Di era globalisasi dan pasar bebas Asean Free Trade Area (AFTA) dan World Trade Organization (WTO) serta Asia Pacific Economic Community (APEC) yang akan berlaku tahun 2020, untuk memenangkan persaingan bebas ternyata kesehatan dan keselamatan kerja juga menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh industri di seluruh negara anggota, termasuk Indonesia. PT. Dempo Laser Metalindo merupakan perusahaan yang bergerak dibidang fabrikasi sheet metal yang berdiri pada tahun 2003. Di perusahaan ini belum terdapat sistem K3 secara tertulis dengan jelas dan SOP yang tidak terlihat di lapangan, sehingga dapat menimbulkan potensi bahaya dan sering terjadi kesalahan produksi. Oleh karena itu penelitian ini akan meneliti potensi bahaya yang timbul di area produksi PT. Dempo Laser Metalindo. Dari hasil penelitian diketahui bahwa SOP belum mampu digunakan dengan baik dan peraturan K3 yang belum jelas sehingga menimbulkan 37 potensi bahaya dari 6 jenis proses produksi. Untuk mengetahui potensi bahaya, penyebab, dan risiko digunakan metode Hazop. Dan dilakukan penilaian dengan metode OHS risk assessment untuk mencari tingkat risiko dari potensi bahaya dan risiko yang telah diidentifikasi. Didapatkan 9 sumber hazard dengan tingkat risiko low risk, 22 sumber hazard dengan tingkat risiko moderate risk, 5 sumber hazard dengan tingkat risiko high risk dan 1 sumber hazard dengan tingkat risiko extreme risk. Dari sumber hazard yang telah didapatkan diberikan usulan tindakan pencegahan dan perbaikan untuk tingkat risiko high risk dan extreme risk. Usulan perbaikan tersebut seperti pemasangan papan SOP, poster K3, rambu – rambu APD, pembuatan buku manual K3, sistem reward dan punishment, pemilihan alat APD yang tepat, pembuatan media pemegang sheet metal, pemberian briefing, pembuatan jadwal pemeriksaan mesin.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Sri Gunani Partiwi, MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous