Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengukuran Kinerja Organisasi Non Profit Oriented Dengan Pendekatan Balanced Scorecard dan Teori Permainan (Studi Kasus: BEM ITS Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengukuran Kinerja Organisasi Non Profit Oriented Dengan Pendekatan Balanced Scorecard dan Teori Permainan (Studi Kasus: BEM ITS Surabaya)
Edition
Call Number 2015/I/22
ISBN/ISSN
Author(s) Said, Mukhlis Ndoyo
Subject(s) Balanced Scorecard
GAME THEORY
Decision Maker
Classification 519.3 Sai p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI - ITS
Publishing Year 2015
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Kata kunci : Balanced Scorecard (BSC), Teori Permainan, decision maker,
nilai equilibirum, mixed strategy
Specific Detail Info Perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia salah satunya ditandai dengan ditunjuknya ITS sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) memperlihatkan kepada masyarakat bahwa saat ini mulai memasuki era industri pendidikan. Untuk itu perguruan tinggi memerlukan strategi dalam mengukur performansi kinerja sebagai indikator peningkatan kualitas civitas akademika dalam hal ini organisasi mahasiswa. Pada penelitian ini penulis mengusulkan model integrasi antara BSC dan teori permainan dalam mengukur kinerja organisasi BEM ITS dengan asumsi adanya perselisihan antar decision maker ketika terjadi pengambilan keputusan. Hasil pengukuran kinerja dengan BSC menjadi referensi decision maker dalam pengisian matriks payoff. Dari matriks payoff tersebut dilanjutkan dengan penentuan nilai equilibrium permainan dengan metode grafis dan linear programming. Interaksi antar decision maker diharapkan mampu memudahkan pemilihan strategi yang terbaik berdasar pada pertimbangan perspektif BSC. Dari hasil penelitian didapatkan penyelesaian berupa mixed strategy untuk masing-masing decision maker. Untuk player 1 dengan probabilitas 4/7 menggunakan strategi prioritas financial dan 3/7 menggunakan strategi prioritas financial customer. Objective value yang didapatkan sebesar 78,85. Sementara untuk player 2 dengan probabilitas 2/5 menggunakan strategi sama rata dan 3/5 menggunakan strategi prioritas learning and growth customer. Dan objective value yang didapatkan sebesar 82,6.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Eng. Erwin Widodo,ST,M.Eng
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous