Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Identifikasi Perumusan Strategi pada Pengembangan Usaha Budidaya Sayur Hidroponik (Studi Kasus: Kebun Sayur Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Identifikasi Perumusan Strategi pada Pengembangan Usaha Budidaya Sayur Hidroponik (Studi Kasus: Kebun Sayur Surabaya)
Edition
Call Number 2016/24
ISBN/ISSN
Author(s) Syaifullah, Hafid
Subject(s) STRATEGIC MANAGEMENT
Hydroponic Lettuce
Classification 658.401 Sya i
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2016
Publishing Place Surabaya
Collation 24 cm
Abstract/Notes Tesis ini membahas mengenai strategi pengembangan usaha Kebunsayur Surabaya dengan melakukan identifkasi faktor internal dan eksternal untuk mendapatkan faktor strategis yang ada. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan analisis SWOT dan AHP sebagai metode pengolahan datanya.
Berdasarkan hasil pengolahan matriks IFE, total skor yang dihasilkan sebesar 3,575 yang mengindikasikan kondisi internal Kebunsayur Surabaya berada di atas rata-rata (2,5). Sedangkan total skor pengolahan matriks EFE adalah sebesar 3,375. Nilai ini menyatakan bahwa Kebunsayur Surabaya mampu memanfaatkan peluang yang ada. Kekuatan utamanya ada pada lokasi kebun yang dekat dengan konsumen. Sedangkan kelemahan Kebunsayur Surabaya adalah volume produksi yang belum optimal. Peluang terbesarnya adalah permintaan selada hidroponik yang tinggi. Ancaman yang dihadapi adalah permintaan yang tidak stabil.
Hasil analisa matriks SWOT terhadap faktor internal dan eksternal Kebunsayur Surabaya diperoleh empat alternatif strategi. Alternatif perumusan strategi tersebut ditentukan prioritasnya menggunakan AHP. Sesuai hasil akhir pembobotan dengan AHP diperoleh alternatif strategi terpilih yaitu berupa strategi S-O (Strength-Opprtunity) sebagai strategi memaksimalkan kekuatan yang dimiliki untuk memanfaatkan peluang yang ada. Urutan prioritas rumusan strategi S-O adalah melakukan pengembangan produk olahan sayur hidroponik, mempertahankan pasar potensial yang sudah ada serta membuat progam loyalitas pelanggan seperti layanan antar, membership, dan diskon khusus.


Specific Detail Info Kata Kunci: Selada hidroponik, Kebunsayur Surabaya, identifikasi faktor internal dan eksternal, SWOT, AHP.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Bambang Syaifuddin, M.T.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous