RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Pengembangan Model dan Algoritma Heuristik untuk Mengoptimumkan Pengoperasian Twin Automatic Stacking Crane pada Automated Container Yard dengan Mensinkronisasikan Perencanaan Kedatangan Kapal dan Truk Angkut |
Edition | |
Call Number | 2016/26 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Putri, Maulin Masyito |
Subject(s) | Algoritma Heuristic Schedulling Arrival Time Planning |
Classification | 658.53 Put p |
Series Title | GMD | Tesis |
Language | Indonesia |
Publisher | Jurusan Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2016 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | |
Abstract/Notes | Penggunaan Twin Automatic Stacking Crane (Twin ASC) pada terminal peti kemas terotomasi memerlukan strategi pengoperasian yang tepat. Adanya dua ASC dengan ukuran yang sama dapat meningkatkan efektifitas CY (Container Yard). Namun karena ASC memiliki ukuran yang sama maka ASC tidak dapat saling melewati, sehingga memerlukan jarak antar ASC. Pada jarak tersebut salah satu ASC akan berhenti untuk menunggu ASC lainnya menyelesaikan tugasnya dan menjauh. Pengoperasian ASC tergantung oleh jadwal kedatangan kapal dan truk angkut. Jadwal kedatangan kapal bersandar di dermaga untuk melakukan bongkar muat mempengaruhi jadwal penerimaan (receiving) atau jadwal pengiriman (delivery) peti kemas oleh ASC di area waterside. Sedangkan jadwal kedatangan truk angkut memepengaruhi jadwal penerimaan atau jadwal pengiriman peti kemas oleh ASC di area landside. Informasi tersebut sangat mempengaruhi kinerja ASC dan pelayanan dari pelabuhan peti kemas. Karena itu perlu adanya sinkronisasi antara pengoperasian kedua ASC dengan perencanaan kedatangan kapal dan truk. Pada penelitian ini akan dilakukan pengembangan model dan algoritma heuristik untuk mengoptimalkan pengoperasian Twin ASC dengan mensinkronisasikan perencanaan kedatangan kapal dan truk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model dan algoritma yang dapat mengoptimumkan pengoperasian ASC dengan menghasilkan total travel distance, total travel time dan biaya energi yang minimum. Hasil percobaan numerik dari model dan algoritma yang dikembangkan menunjukkan bahwa pengoperasian Twin ASC dengan memperhatikan rencana kedatangan truk angkut lebih optimal dibandingkan memperhatikan rencana kedatangan kapal ataupun ketika menggabungkan rencana kedatangan kapal dan truk angkut. Hal ini dikarenakan tingginya variasi kedatangan truk dibandingkan kedatangan kapal, sehingga membutuhkan adanya prioritas alokasi slot agar tidak terjadi pemindahan ulang peti kemas saat truk datang. Dengan demikian dapat menghasilkan total travel distance, total travel time dan biaya energi Twin ASC yang minimum. |
Specific Detail Info | Kata kunci : Twin Automatic Stacking Crane, Rencana Kedatangan Kapal dan Truk Angkut, Algoritma Heuristik, Total Travel Distance, Total Travel Time |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Dr.Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng., CSCP; Nurhadi Siswanto, S.T., M.Sc., Ph.D. |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |