Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Model dan Algoritma Heuristik untuk Mengoptimumkan Pengoperasian Twin Automatic Stacking Crane pada Automated Container Yard dengan Mensinkronisasikan Perencanaan Kedatangan Kapal dan Truk Angkut
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Model dan Algoritma Heuristik untuk Mengoptimumkan Pengoperasian Twin Automatic Stacking Crane pada Automated Container Yard dengan Mensinkronisasikan Perencanaan Kedatangan Kapal dan Truk Angkut
Edition
Call Number 2016/26
ISBN/ISSN
Author(s) Putri, Maulin Masyito
Subject(s) Algoritma Heuristic
Schedulling
Arrival Time Planning
Classification 658.53 Put p
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2016
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Penggunaan Twin Automatic Stacking Crane (Twin ASC) pada terminal peti kemas terotomasi memerlukan strategi pengoperasian yang tepat. Adanya dua ASC dengan ukuran yang sama dapat meningkatkan efektifitas CY (Container Yard). Namun karena ASC memiliki ukuran yang sama maka ASC tidak dapat saling melewati, sehingga memerlukan jarak antar ASC. Pada jarak tersebut salah satu ASC akan berhenti untuk menunggu ASC lainnya menyelesaikan tugasnya dan menjauh. Pengoperasian ASC tergantung oleh jadwal kedatangan kapal dan truk angkut. Jadwal kedatangan kapal bersandar di dermaga untuk melakukan bongkar muat mempengaruhi jadwal penerimaan (receiving) atau jadwal pengiriman (delivery) peti kemas oleh ASC di area waterside. Sedangkan jadwal kedatangan truk angkut memepengaruhi jadwal penerimaan atau jadwal pengiriman peti kemas oleh ASC di area landside. Informasi tersebut sangat mempengaruhi kinerja ASC dan pelayanan dari pelabuhan peti kemas. Karena itu perlu adanya sinkronisasi antara pengoperasian kedua ASC dengan perencanaan kedatangan kapal dan truk. Pada penelitian ini akan dilakukan pengembangan model dan algoritma heuristik untuk mengoptimalkan pengoperasian Twin ASC dengan mensinkronisasikan perencanaan kedatangan kapal dan truk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model dan algoritma yang dapat mengoptimumkan pengoperasian ASC dengan menghasilkan total travel distance, total travel time dan biaya energi yang minimum. Hasil percobaan numerik dari model dan algoritma yang dikembangkan menunjukkan bahwa pengoperasian Twin ASC dengan memperhatikan rencana kedatangan truk angkut lebih optimal dibandingkan memperhatikan rencana kedatangan kapal ataupun ketika menggabungkan rencana kedatangan kapal dan truk angkut. Hal ini dikarenakan tingginya variasi kedatangan truk dibandingkan kedatangan kapal, sehingga membutuhkan adanya prioritas alokasi slot agar tidak terjadi pemindahan ulang peti kemas saat truk datang. Dengan demikian dapat menghasilkan total travel distance, total travel time dan biaya energi Twin ASC yang minimum.


Specific Detail Info Kata kunci : Twin Automatic Stacking Crane, Rencana Kedatangan Kapal dan Truk Angkut, Algoritma Heuristik, Total Travel Distance, Total Travel Time
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng., CSCP; Nurhadi Siswanto, S.T., M.Sc., Ph.D.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous