Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja dengan Framework Balanced Scorecard pada Koperasi Warga Semen Gresil (KWSG)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja dengan Framework Balanced Scorecard pada Koperasi Warga Semen Gresil (KWSG)
Edition
Call Number 2016/II/09
ISBN/ISSN
Author(s) Imron, Afrian Muflihul
Subject(s) Performance Measurement
Framework Balanced Scorecard
Classification 658.312 5
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2016
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Sistem pengukuran kinerja merupakan komponen penting dalam proses kontrol dan sebagai dasar evaluasi tingkat efektifitas dan efisien strategi yang telah diterapkan. Meskipun sudah mengetahui pentingnya sistem pengukuran kinerja, namun sebagian besar badan usaha khususnya yang berbadan hukum koperasi belum memiliki sistem pengukuran kinerja yang terintegrasi dan komprehensif. Koperasi Warga Semen Gresik (KWSG) sebagai badan usaha berbadan hukum koperasi sebenarnya telah memiliki sistem pengukuran kinerja, namun masih pada capaian perspektif financial dan belum menjangkau semua aspek unit usaha. Oleh karena itu perlu dirancang sebuah sistem pengukuran kinerja dengan framework Balanced Scorecard. Indikator dirancang melalui pendekatan Critical Success Factor (CSF), untuk menganalisa faktor-faktor kritis yang mempengaruhi capaian tujuan KWSG baik dari sisi internal maupun eksternal.
Pendekatan ini mampu menghasilkan rancangan sistem pengukuran kinerja dengan Key Performance Indicator (KPI) yang lebih komprehensif dan memperhatikan karakteristik serta prinsip dasar koperasi. Perancangan yang dilakukan adalah perancangan sistem pengukuran kinerja pada level korporat dan diturunkan pada level unit. Perspektif yang memiliki bobot tertinggi sampai terendah adalah internal business process, learning and growth, financial dan customer. Dalam proses perancangan CSF diperoleh 17 CSF KWSG menghasilkan 23 KPI di level korporat. Dari 5 unit yang dirancang sesuai dengan batasan penelitian ini, dihasilkan 20 KPI pada unit Perdagangan Bahan Bangunan, 16 KPI pada Unit Simpan Pinjam, 17 KPI pada Unit Jasa Angkutan (Ekspedisi), 15 KPI pada Unit Perdagangan Umum dan 15 KPI pada Unit Ritel dan Resto.
Specific Detail Info Koperasi, Balanced Scorecard, Key Performance Indicator, Critical Success Factor, Analytical Hierarchy Process
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Naning Aranti Wessiani, ST., MM
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous