Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Penilaian Kinerja Karyawan Berbasis Mixed Model dan Sistem Insentif (Studi Kasus: Line 5 Departemen Produksi PT.X)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Penilaian Kinerja Karyawan Berbasis Mixed Model dan Sistem Insentif (Studi Kasus: Line 5 Departemen Produksi PT.X)
Edition
Call Number 2016/II/11
ISBN/ISSN
Author(s) Hanifah, Puspita Sari
Subject(s) Performance Assessment
Incentives System
Classification 658.312 5
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2016
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Penilaian kinerja merupakan suatu tindakan mengukur atau menilai berbagai aktivitas sesuai dengan parameter yang telah ditentukan. Hasil penilaian kinerja merupakan alat yang penting untuk mengetahui kontribusi karyawan dalam mencapai tujuan organisasi. Salah satu jenis penilaian kinerja karyawan yaitu tidak hanya mengukur satu perspektif saja “what” atau apa output dari kinerja yang bersifat kuantitatif (job performance) tetapi perlu menggunakan perspektif yang berbeda yaitu “how” atau bagaimana kinerja tersebut (kompetensi). Konsep tersebut dikenal dengan istilah mixed model. Pada PT.X telah menggunakan mixed model untuk menilai kinerja karyawan, namun terdapat beberapa kelemahan diantaranya pada job performance tidak ada proses deployment KPI departemen ke KPI individu dan kompetensi karyawan diukur dari absensi. Pada penelitian ini akan dilakukan perancangan sistem penilaian kinerja berbasis mixed model dan sistem insentif khususnya karyawan line 5 Departemen Produksi PT.X. Langkah pertama perancangan penilaian kinerja karyawan line 5 Departemen Produksi yaitu penyusunaan kompetensi beserta indikator dan standar minimum, dimana kompetensi karyawan terdiri dari kompetensi inti, generik, dan teknikal. Selanjutnya yaitu menyusun job performance karyawan melalui proses deployment KPI departemen atau line dan job description beserta penentuan bobot dan target. Oleh karena itu hasil penilaian kinerja karyawan line 5 Departemen Produksi PT.X terdiri dari kompetensi dan job performance, dimana masing-masing memiliki bobot sebesar 40% dan 60%. Kemudian hasil penilaian kinerja dapat digunakan perusahaan sebagai pedoman dalam penentuan insentif bagi karyawan untuk meningkatkan motivasi sehingga kinerja karyawan akan lebih baik. Pedoman lainnya yang digunakan dalam menentukan jumlah insentif karyawan yaitu hasil kinerja kelompok atau line, dimana masing-masing bobot hasil kinerja kelompok atau line dan hasil kinerja individu sebesar 40% dan 60%.
Specific Detail Info Mixed model, penilaian kinerja, sistem insentif
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Naning Aranti Wessiani, ST., MM
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous