Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Peningkatan Kualitas Sistem Pelayanan Rawat Inap RSUD Kota Madiun dengan Pendekatan Lean Service dan Metode DMAIC
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Peningkatan Kualitas Sistem Pelayanan Rawat Inap RSUD Kota Madiun dengan Pendekatan Lean Service dan Metode DMAIC
Edition
Call Number 2016/II/15
ISBN/ISSN
Author(s) Ningtyas, Yesika
Subject(s) DMAIC
Lean Service
Classification 658.562 Nin p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2016
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes RSUD Kota Madiun merupakan salah satu rumah sakit tipe C yang ada di Madiun. RSUD Kota Madiun memiliki tiga jenis pelayanan yaitu UGD, rawat jalan dan rawat inap. Jumlah pengunjung tertinggi dari tahun ketahun terdapat pada jenis pelayanan rawat inap. RSUD Kota Madiun memiliki standar pelayanan minimal yang digunakan sebagai tolok ukur keberhasilan pelayanan. Hasil pencapaian standar pelayanan minimal tersebut yang paling rendah terdapat pada jenis pelayanan rawat inap yaitu sekitar 70%-80% sedangkan target yang harus dicapai yaitu 100%. Ketidak berhasilan tersebut disebabkan oleh ketidakpuasan pelanggan yang meningkat setiap tahunnya. Hasil survei kepuasan pelanggan menunjukkan terdapat beberapa unsur pelayanan yang belum mencapai target yaitu kemudahan prosedur, keberadaan petugas pelayanan, kecepatan penyelesaian pelayanan, kesopanan dan keramahan pelayanan, kenyamanan dan kebersihan lingkungan. Sehingga perlu dilakukan evaluasi pada sistem pelayanan rawat inap RSUD Kota Madiun untuk meningkatkan pelayanan rawat inap RSUD Kota Madiun. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, digunakan pendekatan lean service yang berfokus untuk mereduksi pemborosan pada sistem pelayanan. Untuk mempermudah pekerjaan, tahap pengerjaan dilakukan dengan metode DMAIC (Define, Measure, anayze, Improve dan Control). Berdasarkan metode tersebut diperoleh atribut kritis dan waste kritis. Waste kritis tersebut yaitu waiting dan defect. Waste yang telah terindikasi, dilakukan analisa menggunakan Root Cause Analysis (RCA), Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) dan Quality Function Deployment (QFD). Ketiga tools tersebut digunakan untuk mengetahui akar penyebab permasalahan dan respon teknis yang digunakan untuk menyusun alternatif perbaikan. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan, diperoleh 2 rekomendasi perbaikan yaitu melakukan perencanaan pelatihan secara rutin dan membuat lembar controlling untuk mengukur kinerja petugas. Rekomendasi perbaikan tersebut diharapkan mampu mereduksi waste sehingga dapat meningkatkan kualitas sistem pelayanan rawat inap RSUD Kota Madiun.
Specific Detail Info DMAIC, FMEA, Lean Service, QFD, RCA
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto,MSIE.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous