Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perencanaan Pengembangan Manajemen Aset Peralatan IT di Lingkungan Pemerintah Kota Surabaya (Studi Kasus : Laptop)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perencanaan Pengembangan Manajemen Aset Peralatan IT di Lingkungan Pemerintah Kota Surabaya (Studi Kasus : Laptop)
Edition
Call Number 2016/II/17
ISBN/ISSN
Author(s) Hutagalung, Anastasia Yolanda
Subject(s) Asset Management
Business Prosess
Classification 658.3 Hut p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2016
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Peningkatan jumlah penduduk setiap tahun membuat Pemerintah Kota Surabaya memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Untuk dapat melaksanakan tanggung jawab semaksimal dan seefisien mungkin, pemerintah membutuhkan berbagai fasilitas penunjang yang harus memadai baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Oleh sebab itu, pengadaan fasilitas di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya merupakan kegiatan yang memiliki urgensi tinggi untuk dilakukan. Saat ini Pemerintah Kota Surabaya telah menggunakan sebuah sistem berbasis online untuk menjalankan sistem pemerintahan. Sistem yang disebut e-government ini resmi digunakan mulai tahun 2012. Penggunaan sistem online ini menyebabkan setiap SKPD harus memiliki peralatan berbasis IT seperti komputer dan laptop serta jaringan internet. Perangkat tersebut digunakan untuk mendukung pelaksanaan e-government. Hal ini menyebabkan meningkatnya permintaan yang dilanjutkan dengan pengadaan aset berbasis IT di SKPD lingkup Surabaya. Hal ini tercemin dari cukup tingginya permintaan sarana prasarana oleh SKPD yang masuk ke Bagian Perlengkapan untuk segera dipenuhi.
Dalam pelaksanaannya, penyusunan kebutuhan barang saat ini masih didominasi oleh keinginan bukan pada kebutuhan, sehingga masih terdapat perencanaan pengadaan dan penganggaran barang yang belum mencerminkan sifat efektif dan efesien. Mengingat anggaran Pemerintah Kota Surabaya juga sangat terbatas, maka diperlukan suatu perencanaan terkait penyediaan barang di lingkungan SKPD. Selain itu, saat ini belum ada bisnis proses pemeliharaan yang terintegrasi dengan sistem secara keseluruhan.
Untuk menciptakan sistem manajemen aset yang lebih tertstruktur dilakukan pengembangan sistem manajemen aset berdasarkan PDCA dengan memodelkan proses bisnis saat ini, menganalisis kelemahannya dan memberikan rekomendasi perbaikan sistem manajemen aset yang mencakup kegiatan perencanaan, pemeliharaan dan penghapusan aset. Dari hasil pengamatan diperoleh beberapa kelemahan dalam tiap proses dan diberikan rekomendasi perbaikan berupa proses bisnis baru serta user interface untuk perbaikan SIMBADA.
Specific Detail Info Manajemen aset, perbaikan proses bisnis, SIMBADA, PDCA
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Maria Anityasari, ST., ME
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous