Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja dengan Metode Balanced Scorecard pada PT. Bina Area Persada
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja dengan Metode Balanced Scorecard pada PT. Bina Area Persada
Edition
Call Number 2016/II/24
ISBN/ISSN
Author(s) Nanda, Bergas Satrya
Subject(s) Balanced Scorecard
Performance Measurement
Performance Indicatore
Classification 658.312 5 Nan p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2016
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes PT. Bina Area Persada (BAP) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa pengamanan. PT. BAP merupakan perusahaan yang sedang berkembang. Pada saat ini, PT. BAP belum memiliki suatu sistem pengukuran kinerja perusahaan yang digunakan untuk mengukur hasil pencapaian perusahaan. PT. BAP hanya menggunakan Performance Apprasial (PA) untuk mengukur seluruh karyawannya. Namun, isi dari PA tersebut hanya berupa pertanyaan terkait profesionalisme (kepahaman) kerja bukan mengukur ketercapaian kerjanya. PA tersebut tidak dapat mempresentasikan hasil pengukuran kinerja yang tepat bagi perusahaan PT. BAP itu sendiri.
Pada penelitian ini akan dilakukan perancangan sistem pengukuran kinerja dari level korporat, level departemen, dan level individu dengan menggunakan metode Balanced Scorecard (BSC). Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap yaitu, merancang sistem pengukuran kinerja pada level korporat, departemen, dan individu. Hal ini dilakukan dengan cara mengidentifikasi sasaran strategis yang ada, lalu memetakan sasaran strat egis kedalam 4 perspektif BSC, dan lalu penyusunan Key Performance Indicator (KPI). Tahap selanjutnya adalah merancang sistem pengukuran kinerja departemen dengan cara melakukan cascading dari sasaran strategi level korporat, lalu mengidentifikasi output dan ekspetasi stakeholder dan perumusan sasaran strategis departemen dan KPI. Tahap terakhir yaitu perancangan pengukuran kinerja level indivdu dengan cara identifikasi job description tiap individu dan cascading KPI pada level departemen yang sesuai dengan individu terkait. Tiap level akan dilakukan pembobotan dengan kuisioner AHP yang diisi oleh pihak manajemen PT. BAP. Kemudian tahap terakhir adalah melakukan uji coba pengukuran kinerja.
Hasil perancangan KPI dari level korporat higga level individu didapatkan hasil pada level korporat memiliki 24 KPI, level Departemen Personalia memiliki
31 KPI, level individu memiliki 34 KPI dari 9 jabatan staff di Departemen Personalia. Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan perusahaan dapat memiliki pengukuran kinerja yang sesuai yang dapat membantu pencapaian target perusahaan dari level korporat, level departemen, dan level individu.

Specific Detail Info Pengukuran Kinerja, Analytical Hierarchy Process, Balanced Scorecard, Cascading, Key Perfomance Indicator
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Bambang Syairudin, MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous