Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Beban Kerja Menggunakan Pendekatan Calory Expenditure dan Evaluasi PosturTubuh dengan Rapid Entire Body Assessment (REBA)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Beban Kerja Menggunakan Pendekatan Calory Expenditure dan Evaluasi PosturTubuh dengan Rapid Entire Body Assessment (REBA)
Edition
Call Number 2016/II/28
ISBN/ISSN
Author(s) Filaili, Rahmadita
Subject(s) Workloads
REBA
Classification 620.82 Fil a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2016
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu unsur penting di dalam suatu perusahaan dalam mengembangkan sebuah bisnis. Sebuah perusahaan penting untuk melakukan perencanaan sumber daya manusia seperti mengatur alokasi beban kerja. Ketidakseimbangan beban kerja dapat menyebabkan kinerja pekerja menjadi tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur beban kerja operator lini pengemasan PT. X berdasarkan calory expenditure. Evaluasi postur tubuh operator saat melakukan aktivitas kerja juga dilakukan untuk mengoptimalkan perhitungan beban kerja. Hasil pengukuran beban kerja berdasarkan calory expenditure menunjukkan bahwa 3 operator memiliki beban kerja ringan, sedangkan 3 operator lain termasuk dalam kategori normal. Hasil tersebut berbeda dengan hasil beban kerja subjektif NASA TLX sebagai dugaan awal. Beban kerja berdasarkan NASA berada pada kategori normal dan tinggi. Adapun nilai calory expenditure untuk operator cartoning, fitter, end of line, stamping, acma, dan case packer berturut-turut adalah 147,26 Kkal/jam; 147,17 Kkal/jam; 153,14 Kkal/jam; 216,87 Kkal/jam; 263,75 Kkal/jam; dan 214,70 Kkal/jam. Hasil evaluasi postur tubuh dengan REBA menunjukkan terdapat 5 operasi kerja yang memiliki tingkat risiko tinggi dan sangat tinggi. Operasi kerja tersebut adalah picking fib carton, feeding fib to casepack machine, replacing film wrapper, weighting tablet, dan replacing wrapper & stiffener. Pengurangan jumlah operator dalam 1 lini pengemasan dapat dilakukan dengan menggunakan alat bantu agar beban postur tubuh operator menjadi lebih ringan.
Specific Detail Info Beban Kerja, Calory Expenditure, Postur Tubuh, REBA, NASA TLX
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Arief Rahman, ST., M.Sc
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous